Penghasilan Pengemis di Jakarta Timur Ini hampir Rp 1 Juta Sehari, Terungkap Saat Diamankan

Petugas Sudin Sosial Jakarta Timur mengamankan uang Rp 984 ribu saat menjangkau dua pengemis perempuan yang membawa tiga anak.

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Istimewa
Petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Timur saat menghitung uang dari tas milik dua pengemis di kolong fly over Pintu Tiga TMII, Cipayung, Senin (28/2/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Petugas Sudin Sosial Jakarta Timur mengamankan uang Rp 984 ribu dari dua pengemis perempuan yang membawa tiga anak di kolong fly over Pintu Tiga TMII, Cipayung.

Kepala Sudin Sosial Jakarta Timur, Purwono, mengatakan uang tersebut diamankan dari tas dua pengemis perempuan yang dijangkau petugas tim P3S pada Senin (28/2/2022).

"Jangkauan atau penjemputan PMKS yang terdiri dari dua ibu rumah tangga berikut anak, dan keponakan," kata Purwoto saat dikonfirmasi di Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (1/3/2022).

Diduga uang yang terdiri dari pecahan Rp 50 ribu, Rp 20 ribu hingga uang koin tersebut hasil mengemis dengan mengeksploitasi tiga anak dibawa agar warga iba memberi uang dalam sehari.

Pasalnya dari hasil asesmen tim Sudin Sosial Jakarta Timur terhadap kedua perempuan, anak yang dua di antaranya masih balita dan satu berusia 6,5 tahun sengaja dibawa mengemis.

Baca juga: Terungkap Identitas RoboCop yang Diamankan Satpol PP Saat Ngamen di Jalan Juanda Depok

"Dari hasil asesmen di lapangan bahwa anak ini diajak ibunya. Kemungkinan itu modus supaya orang melihat iba. Sehingga yang diharapkan menurut ibunya dapat memberikan uang," ujarnya.

Purwono menuturkan dua perempuan yang membawa tiga anak saat mengemis ini merupakan target penjangkauan tim P3S Sudin Sosial Jakarta Timur sejak beberapa minggu lalu.

Tim P3S Sudin Sosial Jakarta Timur baru berhasil menjangkau kedua perempuan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) karena mereka selalu kabur saat petugas tiba di lokasi.

"Selama ini saat mau dilakukan penjemputan mereka melihat kendaraan operasional Sudin itu lari. Sehingga Alhamdulillah saat ini sudah dilakukan penjemputan," tuturnya.

Purwono mengatakan kedua perempuan dan tiga anak kini sudah diserahkan ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya II Ceger, Cipayung untuk proses pembinaan agar tidak berbuat serupa.

Petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Timur saat menghitung uang dari tas milik dua pengemis di kolong fly over Pintu Tiga TMII, Cipayung, Senin (28/2/2022).
Petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Timur saat menghitung uang dari tas milik dua pengemis di kolong fly over Pintu Tiga TMII, Cipayung, Senin (28/2/2022). (Istimewa)

Tim P3S Sudin Sosial Jakarta Timur juga akan terus melakukan penjangkauan para PMKS, khususnya pengemis yang sesuai Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

"Untuk uangnya (Rp 984 ribu) itu disimpan dari pihak panti, nanti saat mereka sudah keluar atau dijemput keluarganya diserahkan kembali uangnya," lanjut Purwono.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved