Pulau Kelapa Diterjang Angin Puting Beliung: Banyak Rumah Rusak, Warga Terluka dan Kapal Tenggelam

"Total sebanyak empat orang warga RW 04 usia anak-anak hingga dewasa yang mengalami luka ringan," kata Irfan.

Istimewa
Ilustrasi angin puting beliung - Puting Beliung Besar di Wonogiri terjadi pukul 16.00 WIB, Rabu (20/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - Angin puting beliung menerjang Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Senin (28/3/2022) malam.

Fenomena alam itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah setempat malam tadi.

Lurah Pulau Kelapa, Irfan Damanhuri mengatakan fenomena alam tersebut mengakibatkan puluhan rumah warga setempat mengalami kerusakan.

"Hujan deras yang disertai angin puting beliung menyebabkan puluhan material bangunan rumah di Pulau Kelapa rusak akibat terbawa angin," kata Irfan, Selasa (29/3/2022).

Adapun puluhan rumah yang rusak akibat terdampak angin puting beliung semalam berada di lima wilayah RW Kelurahan Pulau Kelapa.

Baca juga: Atap Rumah Warga Terbang dan 12 Pohon Tumbang akibat Angin Kencang di Jaktim

Baca juga: 16 Pohon Tumbang di Jakarta Utara, Masyarakat Diimbau Wapada Cuaca Ekstrim

Di Pulau Kelapa berada di RW 01 dengan 23 rumah, RW 02 berjumlah satu rumah, RW 03 delapan rumah, RW 04 24 rumah, dan RW 05 lima rumah. 

"Hingga Senin (28/3/2022) pukul 21.00 WIB, tercatat ada 61 rumah yang mengalami rusak akibat angin puting beliung," jelas Irfan.

Selain rumah rusak, angin puting beliung juga mengakibatkan ada sedikitnya dua kapal yang tenggelam di RW 02 dan RW 05 Kelurahan Pulau Kelapa. 

Hujan disertai angin puting beliung merusak rumah warga di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Senin (28/3/2022) malam.
Hujan disertai angin puting beliung merusak rumah warga di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Senin (28/3/2022) malam. (Dok. Kelurahan Pulau Kelapa)

Ada juga warga yang alami luka ringan usai terkena material bangunan rumah yang rusak dan kini ditangani di Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. 

"Total sebanyak empat orang warga RW 04 usia anak-anak hingga dewasa yang mengalami luka ringan," kata Irfan.

"Warga terdampak saat ini mulai membersihkan puing-puing dibantu petugas dan beberapa di rumah keluarga (mengungsi) dan tetangganya," tutupnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved