Gekrafs Usulkan Hari Ekonomi Kreatif Nasional, Ini Respons Menparekraf

Sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf) melalui UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia sejak 1998

Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Ketua Umum Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kawendra Lukistian 

TRIBUNJAKARTA.COM, -  Sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf) melalui UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia sejak 1998 dan hingga saat ini menjadi sektor penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi.

Hal ini juga dibuktikan dengan sektor ekraf meraih peringkat ketiga di dunia.

Hal inilah yang mendorong Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) mencetuskan Hari Kreatif Nasional, 
pada Selasa, 19 April 2022, dalam kegiatan Buka Bersama dan Rapat Harian Pengurus DPP Gekrafs.

"Kita dari Gekrafs mengusulkan Hari Ekonomi Kreatif Nasional, tujuannya tentu menjadi bagian dari ikhtiar untuk membangkitkan semangat para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia, terlebih setelah melewati pandemi seperti ini," ujar Ketua Umum Gekrafs, Kawendra Lukistian, dalam keterangan tertulis.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi dan mendukung usulan ini. 

"Pesan saya, agar pelaku ekonomi kreatif kita naik kelas, dengan adanya disrupsi digital, sudah seharusnya Gekrafs ada di garda terdepan dan dengan adanya Hari Ekonomi Kreatif, kita tancapkan panji-panji. So, kita ada, eksis untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif kita," ujar Sandi.

Baca juga: Deni Ardini Optimis Penjualan Produk Ekraf Kota Bekasi Meningkat di Momen Ramadan

Menurut Sandi, dengan membantu para pelaku ekonomi kreatif, maka dapat menjadi kebangkitan ekonomi dan mendorong penciptaan lapangan kerja. 

DPP Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) dipimpin Ketua Umum Kawendra Lukistian, menggelar Buka Bersama dan Rapat Pengurus DPP Gekrafs, di hotel di Jakarta, Selasa (19/4/2022). 
DPP Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) dipimpin Ketua Umum Kawendra Lukistian, menggelar Buka Bersama dan Rapat Pengurus DPP Gekrafs, di hotel di Jakarta, Selasa (19/4/2022).  (Istimewa)

Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi inisiator Tahun Internasional Ekraf dunia pada Maret 2021 dan telah ditetapkan PBB. 

Baca juga: Menparekraf akan Siapkan Digital Platform Bisnis Ekraf Singkong agar Lebih Go Internasional

"Semoga momentum Hari Ekonomi Kreatif yang kita usulkan ini bisa menjadi momentum menyamakan spirit para pelaku ekonomi kreatif dari sabang-merauke, untuk semakin meyakini bahwa ekonomi kreatif adalah masa depannya Indonesia". 

Pada momentum ini juga, Gekrafs menunjuk Ferry Ardiansyah sebagai Ketua Komite Gekrafs untuk Hari Ekonomi Kreatif Nasional.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved