BPTJ

Semua Ruas Jalan Tol di Jabodetabek Berlaku Pembatasan Angkutan Barang Pada Masa Angkutan Lebaran

Sebagai tindak lanjut dari kebijakan pengaturan lalu lintas selama angkutan lebaran 2022 akan diberlakukan pembatasan operasional angkutan barang.

Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Mulai Tanggal 28 April 2022 diberlakukan pembatasan operasional angkutan barang. Pembatasan tersebut akan berlaku baik pada masa arus mudik ( Kamis 28 April 2022 - Minggu 1 Mei 2022) maupun arus balik (Jum’at 6 Mei 2022 – Senin 9 Mei 2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sebagai tindak lanjut dari kebijakan pengaturan lalu lintas jalan selama angkutan lebaran tahun 2022, berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2022 akan diberlakukan pembatasan operasional angkutan barang.

Pembatasan tersebut akan berlaku baik pada masa arus mudik ( Kamis 28 April 2022 -  Minggu 1 Mei 2022) maupun arus balik (Jum’at 6 Mei 2022 – Senin 9 Mei 2022).

Di dalam lingkup wilayah Jabodetabek pembatasan tersebut otomatis akan berlaku pada semua ruas jalan tol yaitu : ruas tol Jakarta – Tangerang, ruas  tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo, ruas tol JORR, ruas tol Jakarta – Cikampek dan ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi .

Kepala Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Budi Rahardjo menyebutkan bahwa berdasarkan data yang dilansir Badan Litbang Kementerian Perhubungan, secara nasional akan terdapat sekitar 85 juta orang yang akan melakukan pergerakan mudik.

Dari angka tersebut 14 juta orang diantaranya atau sekitar 16 % nya merupakan pemudik yang bermukim di wilayah Jabodetabek.

Dengan demikian menurut Budi sejauh mana pengaturan lalu-lintas dan angkutan jalan sangat menentukan kelancaran arus mudik di sekitar Jabodetabek.

Baca juga: Kebijakan One Way Diterapkan di Jalan Tol, Penumpang Bus di Terminal Induk Bekasi Menumpuk

\Apalagi selain warga yang melakukan perjalanan mudik keluar dari wilayah Jabodetabek, para pemudik dari pulau Sumatere ke Jawa Tengah dan Jawa Timur juga akan melintas wilayah Jabodetabek.

“Oleh karena itu pengaturan operasional angkutan barang ini ikut menentukan kelancaran arus lalu lintas selama periode angkutan lebaran,”jelas Budi.

Mulai Tanggal 28 April 2022 diberlakukan pembatasan  operasional angkutan barang. Pembatasan tersebut akan berlaku baik pada masa arus mudik ( Kamis 28 April 2022 -  Minggu 1 Mei 2022) maupun arus balik (Jum’at 6 Mei 2022 – Senin 9 Mei 2022).
Mulai Tanggal 28 April 2022 diberlakukan pembatasan operasional angkutan barang. Pembatasan tersebut akan berlaku baik pada masa arus mudik ( Kamis 28 April 2022 - Minggu 1 Mei 2022) maupun arus balik (Jum’at 6 Mei 2022 – Senin 9 Mei 2022). (ISTIMEWA)

Namun demikian pembatasan angkutan barang ini berlaku pengecualian untuk jenis-jenis angkutan tertentu yaitu angkutan Bahan Bakar Minyak dan Gas, Bahan Kebutuhan Pokok (beras, terigu, sayur dan buah buahan dll), Pupuk, Ternak, Hantaran Pos dan Uang, barang ekspor-impor dari dan ke Pelabuhan ekspor-impor serta Air Dalam Kemasan (AMDK).

“Perlu diperhatikan bahwa pengecualian juga berlaku bagi angkutan barang yang mengangkut Air Minum Dalam Kemasan, “ Kata Budi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved