Lebaran 2022

Arus Balik Mulai Terlihat di Terminal Kampung Rambutan, Pemudik Hindari Kemaceten

Meski jumlahnya masih sedikit, tapi sejumlah pemudik sudah memilih kembali ke Jakarta setelah menghabiskan waktu Idulfitri di kampung halamannya.

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Bima Putra/TribunJakarta.com
Tampak kedatangan pemudik di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (4/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Arus balik mudik penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur mulai terjadi pada H+1 Idulfitri 1443 Hijriah atau Rabu (4/5/2022).

Meski jumlahnya masih sedikit, tapi sejumlah pemudik sudah memilih kembali ke Jakarta setelah menghabiskan waktu Idulfitri di kampung halamannya bersama keluarga besar.

Fitri, satu pemudik asal Bandung, Jawa Barat yang sudah memilih kembali ke Jakarta mengatakan sengaja pulang lebih awal untuk menghindari kemacetan pada saat puncak arus balik nanti.

"Ya, buru-buru balik lagi karena khawatir terjebak macet nanti di jalanan. Memang karena besok hari akan memulai aktivitas bekerja lagi," kata Fitri di Terminal Kampung Rambutan, Rabu (4/5/2022).

Dia pun mengaku tidak keberatan pulang lebih awal karena sudah sejak H-3 Idulfitri berada di kampung halaman, sehingga merasa sudah cukup waktu untuk melepas rindu bersama keluarga.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Polisi Imbau Warga Jakut Lewat Jalur Cikunir: Hindari Cikampek

Baginya, yang terpenting sudah dapat menjalankan Salat Id di kampung halaman bersama keluarga besar karena dua tahun sebelumnya tidak mudik akibat kasus Covid-19 masih tinggi.

"Kalau macet di jalan capek juga, nanti yang ada pas masuk kerja malah sakit. Jadi lebih baik pulang sekarang. Apalagi lihat tol di berita-berita pas arus mudik kemarin macet banget," ujarnya.

Tampak kedatangan pemudik di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas.
Tampak kedatangan pemudik di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (4/5/2022).

Berdasarkan data Terminal Kampung Rambutan arus balik sudah terjadi sejak Selasa (3/5/2022), dengan total kedatangan penumpang bus AKAP dari berbagai jurusan sebanyak 1.454.

Jumlah arus balik mudik penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan ini masih dapat melonjak hingga Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022) yang diprediksi jadi puncak arus balik.

Sementara berdasar data keberangkatan, sejak H-1 hingga H+7 Idulfitri 1443 Hijriah sebanyak 11.883 penumpang bus AKAP sudah diberangkatkan dengan berbagai tujuan wilayah.

Untuk memastikan arus balik mudik lancar, pos pengamanan mudik yang melibatkan petugas gabungan di Terminal Kampung Rambutan pun masih disiagakan hingga Senin (9/5/2022).

Puncak Arus Balik

Sebelumnya diberitakan, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 6-8 Mei 2022, para pemudik diimbau kembali sebelum atau sesuadah tanggal tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved