Lebaran 2022

Volume Kendaraan Pemudik Meningkat, One Way di Jalan Tol Diterapkan dari Semarang Hingga Jakarta

One way di Tol Jakarta-Cikampek diterapkan mulai Kalikangkung, Semarang, hingga Halim Jakarta untuk mengurai kemacetan arus balik Idulfitri.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
Istimewa
Penutupan akses masuk Tol Jakarta-Cikampek di pintu masuk Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (7/5/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Pihak kepolisian menerapkan one way di Tol Jakarta-Cikampek mulai Kalikangkung, Semarang, hingga Halim Jakarta untuk mengurai kemacetan arus balik Idulfitri.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penerapan one way dilakukan karena volume kendaraan pemudik yang terus meningkat hingga Sabtu (7/5/2022).

"Tadi pagi kita buka one way dari KM 47 sampai KM 3-500. Sehingga demikian one way nasional dari Semarang sampai Jakarta sudah terlaksana," kata Sambodo di Jakarta Timur, Sabtu (7/5/2022).

Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya juga melakukan penutupan akses masuk Tol Halim, Cawang, Jakarta Timur menuju Cikampek sehingga kendaraan dialihkan ke jalur arteri Kalimalang.

Kemudian untuk kendaraan dari arah Tol Dalam Kota juga dialihkan menuju Tol Wiyoto-Wiyono dan Tol Jagorawi serta jalur arteri menuju Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur.

Baca juga: One Way Diberlakukan di Jalan Tol, Jalanan Kota Bekasi Macet Parah

"Kita tutup kita alihkan ke jalur-jalur arteri. Kalau ini (one way) tidak situasional, kita tutup sesuai jadwal sampai dengan besok malam baru nanti kita buka kembali," ujarnya.

Sambodo menuturkan pemberlakuan one way diterapkan hingga Minggu (8/5/2022) sesuai puncak arus balik mudik Idulfitri 1443 Hijriah yang terjadi pada Minggu malam hingga pagi hari.

Kemacetan di Jalan Jenderal Ahmad Yani Simpang BCP hingga ke Flyover Summarecon Bekasi, Sabtu (7/5/2022) imbas one way Semarang - Jakarta.
Kemacetan di Jalan Jenderal Ahmad Yani Simpang BCP hingga ke Flyover Summarecon Bekasi, Sabtu (7/5/2022) imbas one way Semarang - Jakarta. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Dampak pemberlakuan one way ini mengakibatkan arus lalu lintas di Tol Dalam Kota dari arah Jakarta menuju Bekasi mengalami kepadatan, termasuk di jalur arteri Kalimalang.

"Tadi malam arusnya cukup baik cukup lancar. Nah karena ada kenaikan volume kendaraan di gerbang tol Kalikangkung dan di arah menuju Jakarta pagi ini kita laksanakan one way," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved