Formula E

Atap Tribun Sirkuit Formula E Ambruk Sepekan Jelang Balap, PDIP: Kejar Tayang, Keselamatan Diabaikan

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono murka dengan peristiwa ambruknya atap tribun penonton di sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Pusat.

ISTIMEWA/Kolase Tribun Jakarta
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono murka dengan peristiwa ambruknya atap tribun penonton di sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Pusat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono murka dengan peristiwa ambruknya atap tribun penonton di sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Pusat.

Ia pun menuding Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya hanya kejar tayang membangun sirkuit.

Pasalnya, proses pembangunan sirkuit hanya berlangsung kurang lebih selama tiga bulan.

"Intinya banyak faktor, karena kejar waktu atau deadline jadi tidak sesuai dengan konstruksi yang diharapkan," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (30/5/2022).

"Karena ngejar waktu itu jadi mengabaikan hal penting soal konstruksi. Padahal faktor keselamatan harusnya jadi prioritas," sambungnya.

Baca juga: H-5 Jelang Balapan, Pekerja Masih Perbaiki Atap Tribun Formula E yang Roboh Diterjang Badai

Oleh karena itu, ia menilai pembangunan sirkuit tersebut seperti terlalu dipaksakan.

"Niatnya begitu tinggi, tapi tidak disikapi dengan matang. Karena persiapan tidak matang yang dikejar hanya memenuhi target," ucapnya.

Suasana Senin (30/5/2022) sore proses perbaikan atap sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, yang roboh diterjang badai.
Suasana Senin (30/5/2022) sore proses perbaikan atap sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, yang roboh diterjang badai. (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

Oleh karena itu, politisi senior ini meminta agar Pemprov DKI dan panitia penyelenggara Formula E untuk berbenah dan segera melakukan evaluasi.

"Ini harus jadi bahan evaluasi mendalam bagi penyelenggara afar menjamin keselamatan penonton," kata dia.

Detik-detik atap tribun penonton di sirkuit Formula E roboh

Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Sahroni mengungkap detik-detik atap tribun sirkuit Formula E di kawasan Ancol ambruk.

Ia menyebut, atap tersebut ambruk akibat adanya angin kencang yang melanda kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (27/5/2022) malam.

Atap tribun penonton di arena sirkuit Formula E Jakarta, di Jakarta International E-Prix Cricuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, ambruk, pada Jumat (27/5/2022).
Atap tribun penonton di arena sirkuit Formula E Jakarta, di Jakarta International E-Prix Cricuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara, ambruk, pada Jumat (27/5/2022). (Facebook Roby Byan Ant)

"(Iya ambruk) ada badai semalam," ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (28/5/2022)

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved