393 Calon Jemaah Haji Asal Kota Tangerang Jalani Swab Test Massal Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 393 calon jemaah haji kloter pertama di Kota Tangerang menjalani swab test gratis di Kantor MUI Kota Tangerang pada Jumat (3/6/2022).

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Sebanyak 393 calon jemaah haji kloter pertama di Kota Tangerang menjalani swab test gratis di Kantor MUI Kota Tangerang pada Jumat (3/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Sebanyak 393 calon jemaah haji kloter pertama di Kota Tangerang menjalani swab test gratis di Kantor MUI Kota Tangerang pada Jumat (3/6/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang, Badri Hasun menjelaskan, proses swab test itu sebagai bentuk kelengkapan syarat para calon jemaah haji.

Syarat tersebut adalah wajib sebelum berangkat menunaikan Ibadah Haji.

"Ada penerapan baru yang diminta oleh pihak Arab Saudi. Dimana, harus PCR dengan pemberlakuan 72 jam sebelum keberangkatan," kata Badri.

"Insha Allah besok calon jemaah haji kloter kedua Provinsi Banten akan diberangkatkan," tambah dia lagi.

Baca juga: Jemaah Haji Wajib Tahu! Ini Cara Mencegah Bahaya Heat Stroke atau Serangan Panas saat di Tanah Suci

Nantinya, para calon jemaah haji akan dilepas di Masjid Agung Al-Azhom pada Sabtu, 4 Juni 2022 pagi hari.

Mereka dilepas menuju Asrama Pondok Gede, Jakarta Timur.

Sebanyak 393 calon jemaah haji kloter pertama di Kota Tangerang menjalani swab test gratis di Kantor MUI Kota Tangerang pada Jumat (3/6/2022).
Sebanyak 393 calon jemaah haji kloter pertama di Kota Tangerang menjalani swab test gratis di Kantor MUI Kota Tangerang pada Jumat (3/6/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

"Menuju Asrama Pondok Gede, hingga nanti diberangkatkan ke bandara (Soekarno-Hatta) menuju tanah suci," papar Badri.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan, dalam pelaksanaan swab test ini pihaknya menerjunkan 41 tenaga medis.

Kemudian ada pembagian shift menjadi tiga untuk di Labkesda, agar proses pengecekan hasil swab test di laboratorium dapat berjalan cepat.

Swab test ini pun dilakukan secara gratis kepada calon jemaah haji.

"Kita sudah siapkan tenaga medis dan laboratoriumnya dan untuk biaya PCR ditanggung oleh Kemenkes, dan tidak ada biaya tambahan," kata Dini.

Bila nanti ditemukan hasil yang positif Covid-19, maka calon jemaah haji akan ditunda keberangkatannya menuju Mekkah.

Tapi jadwalnya akan digantikan dengan keberangkatan selanjutnya.

Baca juga: Jelang Lebaran Haji, Ini 4 Syarat Sah Berkurban di Idul Adha dari Ustaz Khalid Basalamah

"Jadi sesuai prosedur kalau ada yang positif, maka harus isolasi dan tidak jadi atau ditunda keberangkatannya. Nanti akan diusulkan pihak Kementerian Agama, untuk diatur kembali keberangkatannya selesai isolasi," papar Dini.

Salah satu calon jemaah haji Kota Tangerang, Muhammad Wasyid berharap, perjalanannya kali ini diberikan kelancaran dan semua dapat selamat hingga pulang kembali ke Indonesia.

"Saya sudah daftar dari 2012, harusnya berangkat tahun 2020 tetapi karena pandemi jadi diundur dan baru sekarang bisa berangkat," kata dia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved