Formula E

Anies Baswedan Ungkap Dampak Ekonomi Gelaran Formula E Capai Rp 2,6 Triliun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan dampak ekonomi dari penyelenggaraan Formula E 2022 mencapai Rp 2,6 triliun. Merujuk data INDEF.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konpers malam ramah tanah Jakarta E-Prix 2022 di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan dampak ekonomi dari penyelenggaraan Formula E 2022 mencapai Rp 2,6 triliun.

Hal ini diungkapnya saat konpers malam ramah tanah Jakarta E-Prix 2022 di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta.

"Kegiatan Formula E yang kemarin juga memberikan dampak ekonomi yang sangat signifikan. Studi dilakukan oleh INDEF menunjukkan dampak ekonomi mencapai Rp Rp 2,6 triliun," ucap Anies di lokasi, Jumat (24/6/2022).

Merujuk pada Insititute for Development of Economic and Finance atau INDEF, memperkirakan dampak ekonomi sebesar Rp 2,638 triliun.

Sehingga memberikan kontribusi 0,08 persen pada pertumbuhan ekonomi Jakarta di tahun ini.

Baca juga: Politisi PDIP Ini Kaget Pemprov DKI Harus Bayar Lagi Commitment Fee Formula E Rp90,7 M

"Data menunjukan bahwa 45 persen pengunjung adalah milenial. Artinya E-Prix ini adalah moda sangat efektif mengenalkan mindset baru yang kita dorong ke generasi mendatang, terutama terkait dengan kegiatan yang ramah lingkungan, ekonomi yang berkelanjutan," lanjutnya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di DKI ini turut mengungkapkan kepuasan pengunjung pada ajang balap mobil listrik Formula melebihi angka 90 persen.

Kemudian 42 persen pengunjung menyatakan tertarik dengan sustainable city.

Baca juga: Jokowi Ulang Tahun, Anies Baswedan Unggah Kemesraan Saat Nonton Formula E: Semoga Menjalankan Amanah

"Angka yang sangat baik menunjukkan bahwa kerja keras, perencanaan, menjadi kunci dan hasil ini membuat kita merasa bersyukur dan yakin InsyaAllah menjadi bekal yang baik untk penyelenggaraan diwaktu-waktu yang akan datang," pungkasnya.

Dilansir kompas.com, Insititute for Development of Economic and Finance atau Indef memastikan penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E 2022 memberikan dampak ekonomi total Rp 2,638 triliun bagi DKI Jakarta atau berkontribusi 0,08 persen pada pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta 2022.

13 DA COSTA Antonio Felix (por), DS Techeetah, DS E-Tense FE21, 25 VERGNE Jean-Eric (fra), DS Techeetah, DS E-Tense FE21, suasana selama ePrix Jakarta 2022, pertemuan ke-6 2021-22 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA, di Sirkuit e-Prix Internasional Jakarta dari 2 hingga 4 Juni, di Jakarta
13 DA COSTA Antonio Felix (por), DS Techeetah, DS E-Tense FE21, 25 VERGNE Jean-Eric (fra), DS Techeetah, DS E-Tense FE21, suasana selama ePrix Jakarta 2022, pertemuan ke-6 2021-22 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA, di Sirkuit e-Prix Internasional Jakarta dari 2 hingga 4 Juni, di Jakarta (Foto Bastien Roux / DPPI Bastien Roux / DPPI melalui AFP)

Dampak total itu terdiri dari dampak terhadap tambahan PDRB DKI Jakarta dan dampak langsung.

M Rizal Taufikurahman, Kepala Pusat Makro dan Keuangan Indef, dalam diskusi publik bertema ”Dampak Penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022”, Kamis (23/6/2022), menjelaskan, dampak ekonomi langsung merupakan jumlah pengeluaran yang tercipta akibat adanya perhelatan Jakarta E-Prix 2022.

Indef menganalisis, dampak ekonomi langsung dengan adanya Jakarta E-Prix sebesar Rp 597 miliar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved