Peringati Hari Anti Narkotika, Yayasan Cakra Sehati Gelar Rehabilitasi hingga Tes Urine Gratis

Lembaga rehabilitasi Yayasan Cakra Sehati menggelar kegiatan rehabilitasi, VCT, tes kesehatan, hingga tes urine gratis untuk 100 orang.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM
Ketua Dewan Pembina Yayasan Cakra Sehati Komjen Pol (Purn) Togar M Sianipar didampingi pengurus yayasan lainnya, Jumat (24/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, MAMPANG PRAPATAN - Lembaga rehabilitasi Yayasan Cakra Sehati menggelar kegiatan rehabilitasi, VCT, tes kesehatan, hingga tes urine gratis untuk 100 orang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara untuk ikut memperingati Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2022.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Cakra Sehati, Komjen Pol (Purn) Togar M Sianipar mengatakan, pihaknya mengusung tema "Kerja Cepat, Kerja Hebat, Berantas Narkoba di Indonesia" pada Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni 2022.

"Hari ini memang hari yang spesial buat kita dalam rangka ikut memperingati Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2022. Ini adalah bentuk partisipasi kita," kata Togar di Yayasan Cakra Sehati, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

Togar mengungkapkan, Yayasan Cakra Sehati tidak ingin tinggal diam dalam memberantas penyalahgunaan narkotika yang telah begitu banyak merenggut masa depan, bahkan nyawa Anak2 Muda Bangsa secara sia2.

Baca juga: Cegah Kriminalitas dan Narkotika, Posko Kampung Tangguh Anti Narkoba Diresmikan di Kampung Bahari

"Kami kan lembaga komponen masyarakat yang perlu dan harus menunjukkan juga, kepedulian kami untuk ikut ambil bagian dalam upaya menyelamatkan generasi muda Indonesia dari, bahaya narkoba. Itu amanat Undang2 No. 35 tahun 2009, khususnya pasal 104-108." ujar dia.

"Jadi kita akan ada rehabilitasi narkoba gratis, VCT, pengobatan, dan tes urine. Itu semua gratis untuk 100 orang. Insya Allah, nanti ke depan kita bisa berbuat lebih baik lagi dari segi jumlah." tambahnya.

Di sisi lain Togar menuturkan, proses rehabilitasi juga harus dibarengi dengan kemauan dan niat pasien untuk terbebas dari narkoba.

Ia mengatakan, Yayasan Cakra Sehati juga memberikan pendampingan setelah pasien menjalani proses rehabilitasi.

Ketua Dewan Pembina lembaga rehabilitasi Yayasan Cakra Sehati Komjen Pol (Purn) Togar M Sianipar saat diwawancarai di kantornya di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (18/12/2021).
Ketua Dewan Pembina lembaga rehabilitasi Yayasan Cakra Sehati Komjen Pol (Purn) Togar M Sianipar saat diwawancarai di kantornya di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (18/12/2021). (Annas Furqon Hakim/ Tribun Jakarta)

"Kita sangat berharap, dalam upaya rehabilitasi ini, sangat dibutuhkan adanya niat, hasrat klien, untuk mau bekerja sama dengan kita. Jadi kita menyelamatkan dia, dan dia juga harus dengan sadar mau diselamatkan. Dalam upaya rehabilitasi ini, sangat diperlukan adanya kerjasama antara kita dengan klien, yaitu anak-anak yang sudah menjadi korban penyalahgunaan narkotika ini," papar Togar.

Yayasan Cakra Sehati, juga berkolaborasi dengan Yayasan Mutiara Maharani, didukung oleh BNNK Jakarta Selatan dan Polres Metro Jakarta Selatan, untuk menggelar Turnamen Futsal di Kuningan Village Futsal Field, Jakarta Selatan pada 25-26 Juni 2022.

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved