Ada Anggota Keluarga Idap Diabetes, Ini 6 Bantuan yang Bisa Anda Lakukan

Ada berbagai hal yang harus dilakukan bagi penderita diabetes untuk menjaga dirinya agar tetap dalam kondisi yang stabil.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Ace Maxs
Diabetes 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ada berbagai hal yang harus dilakukan bagi penderita diabetes untuk menjaga dirinya agar tetap dalam kondisi yang stabil.

Mulai dari rutin minum obat, kontrol ke dokter, menjaga asupan makanan, rajin olahraga, hingga suntik insulin.

Terkadang, rutinitas ini kerap membuat penderita diabetes merasa jenuh hingga menjadi hambatan tersendiri bagi pasien untuk mencapai kondisi diabetes yang terkontrol. 


Padahal, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Eka Hospital BSD, dr Rudy Kurniawan, mengatakan  diabetes tidak hanya sebatas masalah gula darah saja.

Namun juga terkait komplikasi yang harus dievaluasi sejak dini.

Baca juga: Hari Diabetes Sedunia, Kenali Gejala Dininya dan Hindari Makanan Ini

"Seperti penyakit jantung koroner, gangguan ginjal (nefropati), gangguan pada retina (retinopati), gangguan saraf (neuropati), gangguan kulit (dermopati), disfungsi seksual, dan lain-lain," kata dr Rudy, Senin (27/6/2022).

Oleh sebab itu, dukungan keluarga atau kerabat sebagai circle terdekat dinilai dapat membantu pasien untuk mengontrol diabetesnya, terutama pada kasus diabetes dengan beragam komplikasi. 

Ia pun menyebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh keluarga atau kerabat sebagai bentuk dukungan kepada anggota keluarganya yang mengalami diabetes. Berikut diantaranya : 

1. Ingatkan Minum Obat Tepat Waktu

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved