Polemik Pergantian Nama Jalan di Jakarta

Anies Baswedan Pasang Badan, Perubahan 22 Nama Jalan Tak Bebani Rakyat: Perubahan Dokumen Gratis

Anies Baswedan memastikan, pergantian 22 nama jalan di ibu kota tak akan membebani masyarakat. Perubahan dokumen bisa gratis tak bebani rakyat.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina/Bima Putra
Kolase Foto Nama Jalan dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies Baswedan memastikan, pergantian 22 nama jalan di ibu kota tak akan membebani masyarakat. Perubahan dokumen bisa gratis tak bebani rakyat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, pergantian 22 nama jalan di ibu kota tak akan membebani masyarakat.

Perubahan dokumen, baik itu KTP, STNK, hingga urusan pertanahan pun tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Gubernur Anies Baswedan mengatakan, kebijakan ini diambil berdasarkan hasil kesepakatan dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

"Kami tegaskan bahwa semua perubahan itu Insyallah tidak membebani, baik biaya maupun yang lain," ucapnya di Balai Kota, Senin (27/6/2022).

Orang nomor satu di DKI Jakarta ini pun memastikan dokumen-dokumen tersebut tak perlu diganti hingga masa berlakunya habis.

Baca juga: Anies Baswedan Mau Sindir Megawati Undang Tukang Bakso ke Balai Kota? Pengamat Ungkap Fakta Ini

Perubahan nama jalan pun kemudian bisa dilakukan bersamaan saat perpanjangan masa berlaku KTP maupun STNK.

"Semua yang tercatat di KTP, KK, dokumen tanah, kendaraan bermotor semuanya masih sahih bersamaan dengan masa berakhirnya validitas dokumen," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim Jakarta E-Prix menjadi event balap Formula E tersukses sepanjang sejarah, Jumat (24/6/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim Jakarta E-Prix menjadi event balap Formula E tersukses sepanjang sejarah, Jumat (24/6/2022). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

"Saat ganti dokumen baru, barulah nama (jalan) baru itu dimasukkan. Kecuali mau proaktif mendatangi dan mengubahnya," 

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tidak khawatir dengan pergantian 22 nama jalan menjadi nama tokoh Betawi ini.

"Jadi semua aspek ini Insyallah tidak akan membebani dan kami berharap kesimpangsiuran yang kemarin sempat muncul bisa diklarifikasi sehingga masyarakat juga merasa tenang dan kami berharap ini akan bisa memberikan kepastian kepada semua.

Sebelumnya, puluhan nama jalan di Jakarta telah resmi diganti dengan nama-nama tokoh Betawi.

Berlangsung di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan, pergantian nama jalan, gedung dan zona ini diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ganti 22 nama jalan di Ibu Kota dengan nama tokoh Betawi berdampak pada perubahan data KTP elektronik warga di wilayah terdampak. Disdukcapil DKI Jakarta akan
Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ganti 22 nama jalan di Ibu Kota dengan nama tokoh Betawi berdampak pada perubahan data KTP elektronik warga di wilayah terdampak. Disdukcapil DKI Jakarta akan "jemput bola" dengan membuka layanan penggantian alamat di loket-loket layanan di tiap RW terdampak perubahan nama jalan. (Kolase TribunJakarta)

Sekiranya ada 23 nama jalan yang diganti, dua gedung dan sejumlah zona.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved