Cek Rekening! Hari Ini Gaji ke-13 Cair, Cek Daftar Penerima dan Besaran Bonusnya

Gaji ke-13 PNS dan pensiunan cair mulai hari ini, segera cek rekening. ini daftar penerima dan besaran tunjangan yang didapat.

Editor: Muji Lestari
Tribunnews.com
Ilustrasi Gaji. Gaji ke-13 PNS dan pensiunan cair hari ini, segera cek rekening! 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kabar gembira buat ASN, gaji ke-13 cair hari ini. Cek besaran dan daftar penerimanya.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji ke-13 para aparatur sipil negara (ASN) akan cair pada hari ini (1/7/2022).

Hal ini disampaikan Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Tri Budhianto.

Baca juga: Gaji Ke-13 PNS Cair Jumat, Simak Besaran yang Didapat serta Daftar Jumlah Penerima

Tri mengatakan, bagi instansi pemerintah pusat maupun daerah yang telah mengirimkan surat perintah pembayaran (SPM) gaji ke-13 akan dipastikan cair sesuai jadwal.

"Secara prinsip gaji ke-13 akan dicairkan mulai besok. Jadi, yang sudah mengajukan (surat perintah pembayaran) akan dibayarkan mulai besok," kata Tri dilansir Kompas.com.

Dikabarkan juga, tahun ini PNS akan menerima gaji ke-13 lebih besar dari tahun lalu, hal tersebut yakni besaran gaji ke-13 2022 akan ditambah 'bonus' tunjangan.

Dengan demikian, gaji ke-13 PNS 2022 akan dibayarkan sebesar gaji atau pensiunan pokok ditambah dengan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok tersebut.

Ilustrasi rupiah
Ilustrasi rupiah. Gaji ke-13 PNS dan pensiunan cair hari ini, segera cek rekening! (Kompas.com/Nurwahidah)

Dilansir Kompas.com, tunjangan yang melekat tersebut meliputi tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum, serta 50 persen tunjangan kinerja.

Bagi pemerintah daerah, aturannya adalah paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan dari masing-masing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau fiskal daerah dan diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Persiapan pencairan gaji ke-13 sudah mulai dilakukan dengan kementerian/lembaga menyerahkan Surat Perintah Membayar (SPM) kepada KPPN mulai tanggal 24 Juni 2022.

Setelah menyerahkan SPM dengan menyertai komponen pencairan, KPPN mulai memproses pencairan sesuai mekanisme yang berlaku.

"Gaji ke-13 ini sudah mulai dapat dicairkan bulan Juli 2022 di mana K/L akan segera mengajukan Surat Perintah Membayar kepada KPPN," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers.

Ilustrasi pencarian gaji ke-13 untuk PNS. Gaji ke-13 PNS 2022 cair Jumat, 1 Juli 2022. Cek jumlah besaran dan tunjangan yang didapat.
Ilustrasi pencarian gaji ke-13 untuk PNS. Gaji ke-13 PNS 2022 cair Jumat, 1 Juli 2022. Cek jumlah besaran dan tunjangan yang didapat. (via Pos Kupang)

Besaran Gaji ke-13

1. Pimpinan dan Anggota Lembaga Nonstruktural:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved