Kontroversi ACT

Tanggapi Dugaan Penyelewengan Dana Umat ACT, Fadli Zon: Setahu Saya Reputasinya Baik

Fadli Zon enggan menghakimi ACT yang tengah berada dalam kasus dugaan penyelewengan dana umat.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon menyatroni Balai Kota DKI Jakarta, tempat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkantor pada Selasa (5/7/2022) malam. Fadli Zon enggan menghakimi ACT yang tengah berada dalam kasus dugaan penyelewengan dana umat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Fadli Zon angkat bicara soal dugaan penyelewengan dana umat yang dilakukan petinggi lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Fadli Zon mengaku enggan menghakimi lembaga filantropi tersebut hingga pemeriksaan yang dilakukan aparat kepolisian tuntas.

"Kalau saya lihat, salah satu yang dipersoalkan itu pemotongan yang cukup besar dan remunerasi pengurusnya cukup tinggi kemarin itu. Tapi, katanya sudah ada koreksi. Jadi kita lihat saja nanti, saya tidak ingin menghakimi," ucapnya, Selasa (5/7/2022) malam.

Fadli mengaku selama ini mengenal ACT sebagai lembaga yang punya reputasi cukup baik.

Menurutnya, ACT cukup tanggap dalam setiap musibah kebencanaan di Indonesia.

Baca juga: Gus Mus Sampai Sedih Membaca Gaji Pemimpin Lembaga Pengelola Dana Umat ACT Capai Rp 250 Juta

"Yang saya tahu memang ACT ini mempunyai reputasi yang cukup baik di berbagai keadaan bencana, hadirnya juga cukup cepat," ujarnya.

Tak hanya di Indonesia, bantuan yang disalurkan ACT juga acap kali sampai ke luar negeri.

Fadli mencontohkan saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke daerah pengungsian Rohingnya di perbatasan Bangladesh dan Myanmar.

Saat itu, ia mengaku melihat langsung kehadiran dari ACT di lokasi pengungsian tersebut.

"Keberadaan lembaga publik yang menolong masyarakat, terutama tanggap bencana, hadir di bencana tingkat nasional bahkan dunia ini juga kan mewakili Indonesia dan mempunyai reputasi baik," ujarnya.

"Di publik internasional, terutama dalam urusan misal tentang membantu Palestina, itu sangat dirasakan dan mengharumkan nama Indonesia," sambungnya.

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon ikut mengkritisi mural bergambar Presiden Joko Widodo yang kini menjadi sorotan publik.
Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon ikut mengkritisi mural bergambar Presiden Joko Widodo yang kini menjadi sorotan publik. (Tribunnews.com/Herudin)

Oleh karena itu, ia berharap kasus dugaan penyelewengan dana umat yang dilakukan petinggi ACT ini bisa cepat selesai.

Bila ada pihak-pihak yang terbukti bersalah, ia pun meminta agar aparat berwenang memberi sanksi seberat-beratnya.

"Lihat dulu hasil investigasinya seperti apa, sering kali kan hanya rumor saja. Tapi, kalau ada yang salah, tentu kesalahan harus dikoreksi dan yang melakukan kesalahan itu perlu ditindak," tuturnya.

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved