Dua Hari Lagi Google, Facebook, Instagram hingga WA Terancam Diblokir Kominfo, ML Langsung Daftar 

Aplikasi Mobile Legends Adventure dan Mobile Legends Bang Bang di bawah perrusahaan Youngjoy Technology Limited diketahui baru mendaftar PSE Kominfo

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Net
Ilustrasi media sosial email facebook twitter medsos 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sejumlah platform media sosial hingga mesin pencari di Indonesia terancam diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) jika belum mendaftar sebagai PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) hingga batas akhir pendaftaran 20 Juli 2022.

Pada 17 Juli 2022, PSE Asing dan Domestik yang terdaftar di laman PSE Kominfo sebanyak 5.692 PSE.

Rinciannya, PSE Asing sejumlah 82 dan PSE Domestik ada 5.610.

Pantauan TibunJakarta.com pada Senin (18/7/2022) siang, platform digital asing yang belum mendaftar PSE Kominfo dan terancam diblokir seperti Google, Instagram, WhatsApp, Netflix dan lainnya.

Sehingga, platform digital tersebut wajib mendaftarkan diri ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, paling lambat 20 Juli 2022.

Jika tidak melakukan pendaftaran Kominfo akan memberikan sanksi administratif berupa pemblokiran.

Baca juga: Tak Berizin di Indonesia, Aplikasi Snack Video Diblokir Kominfo

Ada beberapa aplikasi TikTok di bawah perusahaan raksasa China, ByteDance, yang telah mendaftar PSE Kominfo pada 24 dan 25 Mei 2022, termasuk TikTok.com.

Aplikasi Mobile Legends Adventure dan Mobile Legends Bang Bang di bawah perrusahaan Youngjoy Technology Limited diketahui baru mendaftar PSE Kominfo pada Minggu kemarin, 17 Juli 2022.

Sementara, PUBG Mobile belum ada dalam platform digital yang terdaftar PSE Kominfo.

Anak kecil bermain Mobile Legends (ML), Bandung, Senin (23/4/2018). Gim jenis multiplayer online battle arena (MOBA) ini, saat ini sedang digandrungi masyarakat Indonesia, diminati berbagai kalangan dari mulai anak-anak hingga dewasa.
Anak kecil bermain Mobile Legends (ML), Bandung, Senin (23/4/2018). Gim jenis multiplayer online battle arena (MOBA) ini, saat ini sedang digandrungi masyarakat Indonesia, diminati berbagai kalangan dari mulai anak-anak hingga dewasa. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Peratuan kewajiban mendaftar PSE Kominfo dan sanksi pemblokiran bagi platform digital yang tidak terdaftar tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang dijadwalkan akan berlaku pada 20 Juli 2022.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved