Pameran Tenun Digelar di Museum Tekstil Jakarta Hingga Akhir Agustus, Simak Rangkaian Acaranya!

Pemprov DKI Jakarta menggelar Pameran Tenun Indonesia di Museum Tekstil Jakarta hingga Rabu (31/8/2022) mendatang. simak rangkaian acarannya.

TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Terlihat bagian depan museum Tekstil, di Jakarta Barat, Jumat (15/3/2019). Pemprov DKI Jakarta menggelar Pameran Tenun Indonesia di Museum Tekstil Jakarta hingga Rabu (31/8/2022) mendatang. simak rangkaian acarannya. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta menggelar Pameran Tenun Indonesia di Museum Tekstil Jakarta hingga Rabu (31/8/2022) mendatang.

Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Museum Seni menyelenggarakan Pameran Tenun Indonesia berjudul “Nuansa Kemilau Wastra Tenun Indonesia; Sumatra, Sulawesi, dan Timor” sejak Rabu, (20/7/2022) lalu hingga Rabu (31/8/2022) mendatang di Museum Tekstil Jakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Museum Tekstil yang ke-46 dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Selain itu, kegiatan ini menjadi upaya pelestarian Wastra Indonesia dan menjadi pengingat akan kekayaan sejarah peradaban bangsa Indonesia.

"Nantinya, kekhasan dan keunikan wastra tenun dari ketiga pulau tersebut akan ditampilkan, yang beberapa di antaranya sudah langka dan tidak dibuat lagi. Ekspresi yang tertuang dalam setiap lembaran wastra ini adalah perwujudan tanda cinta dan kesetiaan pada tanah air, yaitu Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip TribunJakarta.com, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Pendiri Museum Tekstil Tutup Usia, Wagub DKI: Jasanya Banyak Dalam Pengembangan Permuseuman

Pameran ini pun diketahui turut bekerja sama dengan Himpunan Wastraprema dan bakal memamerkan 138 lembar kain tenun dari koleksi Museum Tekstil, Rumah Wastra Jo Seda, serta kolektor almarhum Biranul Anas yang berasal dari Sumatra, Timor dan Sulawesi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan pameran ini agar berjalan sukses dan lancar. Semoga kerja sama ini tetap terjaga dan terus ditingkatkan di masa mendatang dalam berbagai bentuk aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat," lanjutnya.

Sebagai informasi, tenun merupakan tradisi kuno yang sudah ada di Indonesia sejak ribuan tahun lalu.

Tradisi tenun dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat setempat.

Baca juga: Begini Cara Perusahaan Tekstil Sritex Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved