Anggota Usulkan Audit Independen Pembangunan JIS, Ketua Komisi B: Ini Sangat Mungkin Dilakukan

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail merespons usulan audit independen pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) bisa direalisasikan.

Dionisius Arya Bima suci / TribunJakarta.com
Suasana rapat Komisi B DPRD DKI bersama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) di gedung DPRD DKI, Selasa (2/8/2022). Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail merespons usulan audit independen pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) bisa direalisasikan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail merespons usulan audit independen pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara bisa direalisasikan.

Sebelumnya, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas meminta agar dilakukan audit penyeluruh terhadap pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

"Jadi kalau bicara tentang audit ini kita kan sebenarnya sudah punya mekanisme di dalam, yang diterapkan oleh Pemprov DKI, ada yang dilakukan oleh audit internal, di pelaksana kemudian juga ada dilakukan juga oleh inspektorat, kemudian juga ada oleh BPK," kata Ismail di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (2/8/2022).

"Kemudian tadi ada usulan juga audit independen. Nah, semua hal itu sangat mungkin untuk dilakukan," jelasnya.

Namun, keputusan audit independen ini baru bisa ditindaklanjuti usai terbentuknya panitia khusus (pansus) yang diusulkan oleh anggota Komisi B.

Baca juga: Pembentukan Pansus Belum Terealisasi, Ketua Komisi B Harap Evaluasi JIS Optimal: Kita Hormati

Sementara pembentukan pansus baru bisa diputuskan setelah rapat kerja komisi B dengan Jakpro dilakukan kembali.

Pasalnya, rapat kerja keduanya diskors untuk memberi kesempatan kepada Jakpro menjawab secara detail masalah yang terjadi di JIS.

Rapat kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta dan stakeholder, termasuk direksi PT Jakpro terkait monitoring dan evaluasi pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), khususnya pagar JIS roboh, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022)
Rapat kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta dan stakeholder, termasuk direksi PT Jakpro terkait monitoring dan evaluasi pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), khususnya pagar JIS roboh, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022) (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah)

"Nah, mengenai audit independen ini bisa diputuskan barangkali ketika benar-benar telah dibentuk pansus, karena memang ini menjadi pesan rekomendasi pansus. Mengenai audit independen itu yang tadi tergantung, karena bagaimanapun ada faktor biaya yang harus dianggarkan, nah siapa yang berhak menganggarkan kan tdk mungkin orang perorang. Tetapi harus ada satu forum yang berdasarkan tata tertib itu punya kewenangan untuk mengusulkan anggaran tersebut," pungkasnya.

PKB Minta Pembangunan JIS Segera Diaudit

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas minta agar dilakukan audit penyeluruh terhadap pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Bahkan, ia mengancam akan mengadu ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal proyek pembangunan stadion berkapasitas 82.000 penonton ini.

Baca juga: Tak Puas Jawaban Bos Jakpro, Rapat Evaluasi DPRD Terkait Pagar JIS Roboh Diskors

Hal ini disampaikan Hasbiallah dalam rapat kerja Komisi B bersama PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Dalam rapat tersebut, ia turut mengamini usulan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mendalami masalah JIS.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved