Antisipasi Virus Corona di DKI

Dinkes DKI Targetkan Vaksin Booster Kedua Tenaga Kesehatan Rampung Bulan Ini, Kapan Buat Warga?

Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti menargetkan booster kedua untuk nakes bisa rampung bulan ini. Lalu kapan buat warga ibu kota?

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti menargetkan booster kedua untuk nakes bisa rampung bulan ini. Lalu kapan buat warga ibu kota? 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci


TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti menargetkan vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua untuk para tenaga kesehatan (nakes) bisa rampung bulan ini.

"Begitu diumumkan bahwa boleh dilakukan (booster kedua untuk nakes), kami siap, kami harapkan selesai dalam bulan ini," ucapnya, Kamis (4/8/2022).

Widyastuti memastikan, DKI sudah menyediakan vaksin booster dosis kedua bagi para nakes yang berjumlah 700 ribu orang.

Bagi nakes yang sudah mendapatkan tiket booster kedua, bisa langsung mendatangi sentra vaksinasi terdekat untuk disuntik vaksin Covid-19.

"Pada saat semua nakes yang sudah akses mendapat undangan tiket, bisa diberikan suntikan. Apabila belum dapat tiket, kami akan berikan tapi dengan pencatatan secara manual," ujarnya.

Baca juga: Tenaga Kesehatan Puskesmas Kramat Jati Sambut Baik Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua

"Intinya, kami di DKI Jakarta siap untuk memberikan vaksinasi booster kedua," tambahnya menjelaskan.

Walau vaksin booster kedua untuk nakes ditargetkan rampung di akhir bulan ini, anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini belum mengetahui pasti kapan masyarakat bisa mendapatkan akses layanan vaksinasi dosis keempat ini.

Sentra vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kelurahan Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022).
Sentra vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kelurahan Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Pasalnya, ada keterbatasan jumlah vaksin yang seluruhnya dipasok dari pemerintah pusat atau Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Karena kecukupan vaksinnya tergantung atok yang ada, distribusi dari Kemenkes. Kami menunggu distribusi dari Kemenkes dan kebijakan dari Kemenkes," tuturnya.

Baca juga: Capaian Booster Masih Rendah, Pemprov DKI Belum Prioritaskan Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Di sisi lain, DKI juga tengah mengejar capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama yang masih jauh dari target.

Widyastuti menyebut, capaian vaksin booster pertama di ibu kota baru berkisar di angka 54,5 persen.

"Jadi artinya masih jauh dari yang kami inginkan. Tentu peran media untuk membantu kami menyosialisasi dan mengajak masyarakat (untuk vaksin booster) menjadi penting," kata Widyastuti.

Tenaga Kesehatan Puskesmas Kramat Jati Sambut Baik Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved