Ada Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim, RW 03 Semper Barat Masuk Verifikasi Proklim 2022

Lingkungan RW 03 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara masuk dalam tahapan verifikasi lapangan Program Kampung Iklim (Proklim).

Gerald Leonardo Agustino/TribunJakarta.com
Tim Verifikator Proklim Kementerian LHK melakukan kunjungan ke RW 03 Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (12/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Lingkungan RW 03 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara masuk dalam tahapan verifikasi lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional 2022.

RW tersebut bisa sampai tahap verifikasi setelah sejumlah langkah yang dilakukan dalam membuat lingkungan menjadi bersih, indah, dan nyaman.

Ketua RW 03 Semper Barat, Sainan mengungkapkan untuk mendukung pelaksanaan ProKlim, ada sejumlah aksi adaptasi yang sudah dilakukan.

"Di antaranya permanenan pemanfaatan air hujan untuk menyiram tanaman, kolam ikan di setiap RT, hingga membuat lubang resapan biopori," kata Sainan, Jumat (12/8/2022).

"Kemudian penggunaan air AC dan cucian beras, pembatasan pemakaian air, peringatan dini atau alarm kebencanaan, dan lainnya," sambungnya.

Baca juga: Ini Jadwal Pertunjukan Seni di Taman Ismail Marzuki di Bulan Agustus!

Pihak RW 03 Semper Barat juga melakukan mitigasi perubahan iklim melalui beberapa langkah.

Terutama terkait dengan pengelolaan sampah, misalnya pemilahan limbah padat dan cair dan pemilahan sampah mandiri skala rumah tangga.

"Juga kita lakukan sedekah mijel, penggunaan gas elpiji, lampu hemat energi, pencahayaan alami atau ventilasi cahaya, pembuatan pupuk kompos dn budidaya maggot, penggunaan pupuk kompos, eco enzyme, dan sebagainya," sambung Saini.

Tim Verifikator ProKlim Kementerian LHK RI Yadi Suryadi mengatakan, pihaknya melihat langsung kegiatan yang telah dilaporkan melalui sistem registri nasional.

"Tentunya, kami sangat menghargai kegiatan warga sehingga capaiannya masuk klasifikasi Proklim Tingkat Nasional dan ini merupakan prestasi karena tidak mudah membangun kerjasama dan kepedulian terhadap lingkungan hidup," jelas Yadi.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved