Catat! Pesan Dinkes Depok Buat Warganya Imbas Temuan Cacar Monyet di Jakarta

Catat, pesan Dinkes Depok untuk warganya terkait temuan kasus cacar monyet di Jakarta. Ini kata Kadinkes Depok, Mary Liziawati.

Kolase Foto TribunJakarta
Kolase Foto Cacar Monyet dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dr Mary Liziawati. Catat, pesan Dinkes Depok untuk warganya terkait temuan kasus cacar monyet di Jakarta. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengonfirmasi temuan satu kasus monkeypox alias cacar monyet pada Sabtu (20/8/2022) lalu.

Pasien yang terkonfirmasi terpapar cacar monyet ini merupakan laki-laki berusia 27 tahun, asal kota DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Depok mengonfirmasi belum ada temuan serupa di Kota Depok hingga saat ini.

Namun demikian, Dinas Kesehatan Kota Depok meminta masyarakat agar tetap waspada, menjaga protokol kesehatan, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Sampai saat ini belum ada di Kota Depok. Tapi tetap kami minta masyarakat menjaga prokes dan PHBS," kata Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, dilansir dari situs resmi Pemkot Depok, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Dinkes DKI Gencar Lakukan Tracing, 3 Warga DKI Kontak Erat Dengan Pasien Pertama Cacar Monyet

Menyoal warga Jakarta yang terpapar cacar monyet, Mary mengatakan pihak Kementerian Kesehatan awalnya menangani 23 suspek kasus.

Namun setelah melalui pelbagai roses pemerikaan hingga PCR, hanya satu dari 23 orang yang suspek ini yang kedapatan positif terpapar cacar monyet.

"Dari pemeriksaan tersebut, Kemenkes menyatakan ada satu pasien terkonfirmasi dari DKI Jakarta laki-laki berumur 27 tahun," pungkasnya.

3 Warga DKI Kontak Erat Dengan Pasien Pertama Cacar Monyet

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti saat ditemui di Balai Kota, Selasa (8/3/2022).
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti saat ditemui di Balai Kota, Selasa (8/3/2022). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebut ada tiga orang yang tercatat melakukan kontak erat terhadap pasien pertama cacar monyet di Indonesia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengumumkan adanya temuan kasus pertama terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia pada tanggal 20 Agustus 2022 lalu.

Kasus monkeypox pertama di Indonesia itu, ditemukan pada seorang pasien laki-laki berusia 27 tahun yang mengalami keluhan kesehatan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia pasca perjalanan wisata ke negara di Eropa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti menyampaikan, pihaknya terus menggencarkan tracing kontak erat cacar monyet, sebagai upaya kewaspadaan terhadap penularan penyakit tersebut.

Baca juga: Gejala Mirip, Simak 7 Perbedaan Cacar Monyet, Cacar Air dan Cacar Biasa

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved