Gandeng Yayasan Inspirasi Indonesia, Anak Usaha Pertamina Gelar Pelatihan Barista Kopi di Jaksel

Anak usaha Pertamina yaitu PT Pertamina Training and Consulting menggelar pelatihan barista kopi. Gandeng Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun.

TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Sejumlah peserta pelatihan barista kopi yang digelar di Kedai Kopi Inspirasi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Anak usaha Pertamina yaitu PT Pertamina Training and Consulting (PTC) menggelar pelatihan barista kopi.

Pelatihan barista ini digelar di Kedai Kopi Inspirasi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/9/2022).

Olivia Steffina Lasut selaku Asisstant Manager Corporate Communication & CSR PTC mengatakan, dalam pelatihan barista kopi ini pihaknya menggandeng Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM).

"Pelatihan barista ini menjadi pelatihan yang dicari-cari karena kopi sekarang menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia yang gemar konsumsi kopi, sehingga menjadi sebuah peluang untuk teman-teman belajar dengan giat dan mempraktikkannya secara maksimal," kata Olivia kepada wartawan.

Pelatihan secara offline dimulai dengan diskusi dan pendalaman kembali materi pelatihan sebelumnya.

Baca juga: Harga BBM Pertamina Naik, Cek Perbandingan Harganya dengan Shell dan Vivo

Olivia menjelaskan, metode seleksi dilaksanakan untuk mendapatkan kandidat terbaik sebagai penerima manfaat pada tahun ini dengan melakukan pra dan post test serta evaluasi secara komprehensif dari para pelatih kepada peserta.

"Setelah melewati tahap seleksi, terpilih 8 alumni untuk kemudian diberikan pelatihan secara luring di Kedai Kopi Inspirasi, Jakarta Selatan," ujar dia.

Sejumlah peserta pelatihan barista kopi yang digelar di Kedai Kopi Inspirasi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/9/2022).
Sejumlah peserta pelatihan barista kopi yang digelar di Kedai Kopi Inspirasi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/9/2022). (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

Dalam praktiknya, peserta diberikan pemahaman dan tata cara penggunaan alat kopi secara manual dan mesin, pemaparan mengenai asal kopi dan jenis-jenisnya yang terdapat di Indonesia, serta melakukan pembuatan langsung latte art.

Selain itu, peserta juga mendapatkan pelatihan manajemen kedai kopi termasuk perhitungan memulai usaha, penentuan harga pokok penjualan produk, strategi penjualan dan promosi, pemilihan bahan baku yang tepat, dan standar operasional prosedur (SOP) kedai kopi.

Baca juga: Minimal Lulusan D3, Anak Usaha Pertamina Buka Lowongan Kerja: Ini Syarat dan Posisi yang Dibutuhkan

"PT Pertamina Training and Consulting mendukung penguatan kewirausahaan sosial di masyarakat. Dengan diselenggarakannya pelatihan barista kopi tingkat lanjut dapat memberikan manfaat sebagai bagian dari upaya bangkit pasca situasi pandemi Covid-19 dan menumbuhkan semangat pulih lebih cepat bangkit lebih kuat," tutur Olivia.

"Kegiatan pelatihan kewirausahaan sosial ini telah memasuk tahun pelaksanaan yang kedua, setelah tahun sebelumnya berhasil mencetak lebih dari 30 wirausaha baru dari berbagai bidang pelatihan wirausaha seperti barista kopi, frozen food, dan hidroponik," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved