Erick Thohir Tak Marah Data Pribadi Dibocorkan Bjorka, Hacker Indonesia Diminta Kerja Sama

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku tidak merasa marah data pribadinya dibocorkan hacker Bjorka beberapa waktu lalu.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/b
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku tidak merasa marah data pribadinya dibocorkan hacker Bjorka beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku tidak merasa marah data pribadinya dibocorkan hacker Bjorka beberapa waktu lalu.

Erick Thohir mengatakan data pribadi yang dibocorkan di antaranya nomor telepon, agama, dan orang tua merupakan informasi umum sebagai pejabat publik sehingga tidak terganggu.

Dia hanya meralat riwayat pendidikan terakhir karena pada dokumen yang dibocorkan Bjorka tersebut tertulis jenjang SMA, sementara seharusnya tercantum universitas.

"Hal itu ya data-data pribadi yang memang dibuka, tentu saya tidak marah. Karena itu merupakan data-data yang normal sebagai pejabat publik," kata Erick Thohir di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (12/9/2022).

Namun dia menyebut pemerintah Indonesia akan memperbaiki masalah kebocoran data agar hal serupa tidak terulang, karena terdapat data yang tidak layak dipublikasikan.

Baca juga: Tak Mau Kalah, Erick Thohir Ikuti Ki Marpu Fashion Week

Menurutnya para hacker asal Indonesia harusnya dapat bekerja sama dengan pemerintah untuk mencegah peretasan, pun dia tidak merinci bagaimana bentuk kerja sama dilakukan.

"Para hacker yang kebetulan merasa kurang diapresiasi bicara juga kepada pemerintah. Supaya daripada saling menjatuhkan bangsa kita justru bagaimana kita membangun bangsa," ujarnya.

Baginya kejahatan pencurian data tak ubah seperti tindak pencurian barang yang terjadi karena perkembangan zaman, dapat dilakukan berbagai pihak termasuk hacker negara asing.

Menteri BUMN Erick Tohir saat menghadiri Inaugurasi Flight Ceremony Pelita Air, di Gate 11 Domestik, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (28/4/2022).
Menteri BUMN Erick Tohir saat menghadiri Inaugurasi Flight Ceremony Pelita Air, di Gate 11 Domestik, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (28/4/2022). (Ega Alfreda/TribunJakarta.com)

Erick Thohir berharap kerja sama pemerintah dengan hacker dapat berjalan seperti penanganan pandemi Covid-19 yang melibatkan pemerintah pusat, daerah, tokoh agama, dan tenaga kesehatan.

"Kenapa tidak sekarang pemerintah dan ahli-ahli digital, dan hacker justru melindungi negara kita terhadap serangan hackers dari negara asing. Itu harus ada keterbukaan," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved