Cerita Kriminal

Penyerangan Sekelompok OTK ke Apartemen di Pluit Dipicu Kenaikan Iuran, Selanjutnya Saling Balas

Pemutusan aliran listrik dan air oleh pengelola apartemen lantas dibalas para penghuni dengan menyegel kantor pengelola di lantai basemen apartemen

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Suasana Apartemen Pantai Mutiara di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022), pasca-penyerangan sekelompok orang diduga massa bayaran. Kejadian itu diduga dipicu konflik antara penghuni dan pengelola apartemen. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Penyerangan yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal (OTK) ke Apartemen Pantai Mutiara, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin (12/9/2022) pagi dipicu adanya konflik antara penghuni dan pengelola.

Menurut para penghuni, konflik yang terjadi berkaitan dengan iuran pengelolaan lingkungan (IPL) yang belum lama ini dinaikkan pihak pengelola apartemen secara sepihak.

IPL mencakup perawatan gedung, lift, area komunal, kebersihan, hingga keamanan.

"Iuran warga dinaikkan tiap bulannya dari biasanya Rp 15.000, sekarang jadi Rp 23.000, ada (kenaikan) 53 persen," kata Yusuf Rusly (68), salah satu penghuni.

Konflik mulai terjadi ketika para penghuni apartemen memprotes kenaikan IPL dan meminta pengelola transparan soal pengelolaan keuangan.

Baca juga: Diduga Massa Bayaran Sendiri, Sekelompok Orang Serang Kantor Pengelola Apartemen di Pluit

Mereka memutuskan untuk tidak membayar IPL tersebut hingga berujung pihak pengelola memutus aliran listrik dan air dari sejumlah unit apartemen.

Pemutusan aliran listrik dan air oleh pengelola apartemen lantas dibalas para penghuni dengan menyegel kantor pengelola di lantai basemen apartemen tersebut.

"Warga tidak terima dan tidak mau pengelola ada di sini," kata Yusuf.

Sekelompok orang diduga massa bayaran menyerang dan merusak apartemen di kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022).
Sekelompok orang diduga massa bayaran menyerang dan merusak apartemen di kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022). (Istimewa)

TribunJakarta.com telah berupaya mendatangi kantor pengelola di basemen apartemen tersebut.

Namun, hingga berita ini diturunkan, pengelola Apartemen Pantai Mutiara belum dapat dikonfirmasi lantaran tidak ada di kantor.

Penyerangan Diwarnai PemukulanSeperti diberitakan sebelumnya, dari penyerangan pagi tadi, penghuni dan satpam apartemen dipukuli massa hingga mengalami luka-luka.

Penyerangan yang dilakukan sekelompok orang itu terjadi sekira pukul 5.30 WIB pagi tadi.

"Kejadian tadi pagi sebetulnya saya lagi tidur, ada telepon dari penghuni lain, saya kaget, kemudian bangun jam 5.30 WIB lebih," kata Yusuf Rusly.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved