Pilpres 2024

Demokrat DKI: Anies Baswedan Masuk Radar Capres Cawapres dari SBY

Anies Baswedan masuk dalam radar capres dan cawapres Partai Demokrat dari Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadiri Pelantikan Pengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat - Anies Baswedan masuk dalam radar capres dan cawapres Partai Demokrat dari Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anies Baswedan masuk dalam radar capres dan cawapres Partai Demokrat dari Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Hal ini dipastikan oleh Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono, menyusul pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang siap mencalonkan diri sebagai presiden, asal ada partai politik yang mengusungnya.

MJN, sapaannya, mengaku informasi tersebut diterimanya dari anggota Majelis Tinggi Syarief Hasan.

"Keputusan strategis seperti partai koalisi dan calon Presiden dan Wapres merupakan kewenangan majelis tinggi Partai Demokrat yang diketuai Bapak SBY dan Wakilnya AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Pernyataan anggota Majelis tinggi Syarief Hasan bahwa Anies masuk radar dari Pak SBY, karena punya wawasan yang bagus dan punya chemistry dengan AHY," ujarnya, Sabtu (17/9/2022).

"Sesuai pidato ketum kriteria capres dan cawapres harus memiliki integritas dan kapasitas, elektabilitas atau dukungan terkuat dari rakyat. Kriteria lain yang juga penting disebutkan adalah Harus memiliki chemistry. Memiliki kekuatan hati dan energi; yang saling percaya, saling menghargai, saling menguatkan dan saling melengkapi," tambahnya.

Baca juga: Ada Tangan Tak Terlihat Jegal Anies Baswedan Jadi Calon Presiden? Waketum Demokrat Bilang Begini

Meski demikian, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta ini mengingatkan Anies soal masa jabatannya yang masih tersisa satu bulan lagi.

Ia pun menyinggung pernyataan orang nomor satu di DKI itu yang kerap membahas masa jabatannya masih berlangsung hingga 16 Oktober 2022 mendatang.

Ketua Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono
Ketua Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono (Dok Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta)

"Terkait dengan kontestasi Pilpres 2024. Perlu dicatat adanya dukungan penuh dari 34 DPD Partai Demokrat mendukung Ketum AHY untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. (Untuk Anies) kan tinggal sebulan lagi, ya selesaikan itu dulu dong sesuai pernyataan beliau mau fokus sampai sudah 16 Oktober," pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku siap jadi calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved