Dicurigai Rambu Palsu Buat Macet, Ternyata Parkir di Jalan Jenderal Basuki Rachmat Dikelola Dishub

Kepala Unit Pengelola (UP) Perparkiran Dishub DKI Jakarta, Aji Kusambarto mengatakan rambu parkir di Jalan Jenderal Basuki Rachmat itu adalah resmi

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Istimewa
Tampak rambu parkir di Jalan Jenderal Basuki Rachmat, Jatinegara, Jakarta Timur 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta membantah adanya rambu parkir palsu pemicu kemacetan di Jalan Jenderal Basuki Rachmat Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, sebagaimana dilaporkan warga di aplikasi Jakarta Kini (Jaki) .

Kepala Unit Pengelola (UP) Perparkiran Dishub DKI Jakarta, Aji Kusambarto mengatakan rambu parkir di Jalan Jenderal Basuki Rachmat itu adalah resmi dari Dishub DKI.

"Rambu tersebut adalah rambu resmi dan tidak tempelan. Memang banyak tali yang terikat di batang rambu. Akan dievaluasi dan dirapikan kembali rambunya," kata Aji saat dikonfirmasi, Minggu (18/9/2022).

Namun, dia tidak membantah keberadaan parkir yang memakan dua ruas badan jalan itu menimbulkan kemacetan.

Menurutnya masalah kemacetan di Jalan Jenderal Basuki Rachmat dari arah Jatinegara menuju Duren Sawit tersebut akan ditindaklanjuti jajaran Sudin Perhubungan Jakarta Timur.

"Baik, dikoordinasikan dengan Sudinhub Jaktim," ujar Aji.

Baca juga: Buat Macet, Warga Pertanyakan Keaslian Rambu Parkir di Jalan Jenderal Basuki Rachmat

Camat Jatinegara Muchtar juga menuturkan rambu parkir kendaraan di Jalan Jenderal Basuki Rachmat, tepatnya depan Mall Bassura tersebut resmi dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Menurutnya sebagaimana parkir resmi, uang retribusi parkir di Jalan Jenderal Basuki Rachmat merupakan pendapatan daerah yang masuk melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Tentunya (masuk pendapatan daerah)," tutur Muchtar.

Ilustrasi Parkir
Ilustrasi Parkir (Infonitas.com)

Keberadaan rambu parkir di Jalan Jenderal Basuki Rachmat, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dipertanyakan warga.

Dalam aduan disampaikan melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki), warga mempertanyakan rambu parkir tersebut karena diduga palsu atau hanya stiker yang dipasang agar tampak legal.

"Ajaib ada rambu boleh parkir, masa Dishub melegalkan parkir liar di badan jalan? Coba Dishub dan Satpol PP amati dari dekat rambu parkir tersebut dari mana ditempel di tiang," kata pelapor dalam aduan.

Akibat parkir tersebut arus lalu lintas di Jalan Jenderal Basuki Rachmat dari arah Jatinegara menuju Duren Sawit kerap macet karena dua lajur jalan digunakan untuk parkir.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun Libatkan 13 Kendaraan di Tol Pejagan-Pemalang, Dipicu Bakar Rumput Sembarangan

Terlebih pada saat jam pulang kerja, dampak kemacetan parkir liar terjadi hingga kawasan Casablanca dan Sudirman akibat parkir liar dan PKL di Jalan Jenderal Basuki Rachmat.

"Tolong pak dibenahi parkir liar dan PKL depan Mall Bassura yang makan badan jalan, juga pembatas beton yang peletakannya di badan jalan juga bikin macet," tulis pelapor.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved