Anies Baswedan Pamit ke Warga Pasar Gembrong Jelang Lengser: Minta Didoakan dan Janji Mampir Lagi

Dalam acara tersebut, Anies Baswedan juga minta warga Pasar Gembrong mendoakan dirinya bisa husnul khatimah atau memiliki akhir yang baik di pengujung

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Bima Putra/TribunJakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mendatangi permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Jelang lengser, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpamitan kepada warga Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2022).

Hal itu disampaikan Anies Baswedan saat peresmian Kampung Gembira Gembrong yang telah rampung direvitalitasi pasca-kebakaran Pasar Gembrong pada 24 April 2022 lalu.

Diketahui, masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akan berakhir pada 16 Oktober 2022 atau sekitar sepekan lagi. 

Dalam acara tersebut, Anies Baswedan juga minta warga Pasar Gembrong mendoakan dirinya bisa husnul khatimah atau memiliki akhir yang baik di pengujung jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Saya mohon didoakan sebentar lagi tugas saya selesai. Doakan husnul khatimah di Jakarta. Insya Allah tanggal 16 besok saya akan tuntas," kata Anies di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2022).

Di hadapan warga, Anies mengaku bersyukur dapat menyaksikan sekaligus meresmikan hasil revitalisasi Kampung Gembira Gembrong untuk warga korban kebakaran.

Baca juga: Anies Baswedan Dielukan jadi Presiden saat Resmikan Kampung Gembira Gembrong

Sebanyak 138 rumah warga yang sebelumnya ludes dalam kebakaran pada Minggu (24/4/2022) lalu, kini sudah dibangun dan ditata menjadi lebih asri, tidak lagi kumuh seperti sebelumnya.

Peresmian Kampung Gembira Gembrong dilakukan secara simbolis menyerahkan kunci unit rumah kepada dua perwakilan warga di atas panggung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis menyerahkan kunci unit rumah kepada dua perwakilan warga, saat peresmian Kampung Gembira Gembrong pasca-revitalisasi akibat kebakaran April lalu, di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis menyerahkan kunci unit rumah kepada dua perwakilan warga, saat peresmian Kampung Gembira Gembrong pasca-revitalisasi akibat kebakaran April lalu, di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2022). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Menurut Anies, revitalisasi Kampung Gembira Gembrong dapat menjadi contoh untuk wilayah kumuh di lokasi lain, bahwa 'perkampungan' dapat ditata menjadi lebih baik tanpa digusur.

"Nanti kapan-kapan boleh saya mampir lagi ke sini ya. Nanti kalau lagi longgar, keliling nanti saya mampir. Siapa tahu saya bisa Salat Magrib lagi," ujar Anies.

Ketua RW 01 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Maju Saiman Hutabarat menuturkan warganya menyambut baik hasil revitalisasi permukiman menjadi Kampung Gembira Gembrong.

Pasalnya, saat awal kebakaran melanda lima bulan lalu, mereka bersedih karena kehilangan seluruh harta dan tempat tinggal di saat beberapa hari menjelang Idulfitri 1443 Hijriah.

"Derita ini sudah berubah bapak Gubernur. Derita ini menjadi suatu kebahagian untuk warga kami. Warga kami sudah memiliki rumah lagi pak Gubernur," tutur Saiman.

Baca juga: Anies Baswedan Bagi-bagi Dana Hibah ke Parpol Rp27,5 Miliar Jelang Lengser, PDIP Dapat Paling Besar

Diketahui, meski bakal menanggalkan jabatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah bersiap melanjutkan karier politiknya.

Ia memastikan bakal maju sebagai kandidat calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Kepastian itu didapat Anies setelah Partai NasDem mendeklarasikan dirinya sebagai capres parpol besutan Surya Paloh.

Jelang lengser jabatan Gubernur DKI Jakarta, Anies pun sudah melakukan pergerakan politik dalam rangka pencapresannya.

Di antaranya dengan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (SHY) dan bakal menemui Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam waktu dekat.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved