Cerita Kriminal

Modus Jadi Jemaah Masjid, Maling Gasak Uang Kotak Amal Anak Yatim di Matraman

Pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Jami Ash-Sholihin, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022). Pelaku modus jadi jemaah masjid.

ISTIMEWA
Tangkapan layar rekaman CCTV menyorot aksi pembobolan kotak amal anak yatim di Masjid Jami Ash-Sholihin, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Aksi pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Jami Ash-Sholihin, Jalan Pembina V, Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Pengurus Masjid Jami Ash-Sholihin, Riko mengatakan berdasar rekaman CCTV menyorot kejadian uang kotak amal yatim dibobol maling pada Rabu (5/10/2022) sekira pukul 13.30 WIB.

"Pelaku sendiri, warga enggak ada yang mengenali, kayaknya sih orang luar. Kebetulan dia masuk pas jemaah yang lain sudah enggak ada," kata Riko di Jakarta Timur, Sabtu (8/10/2022).

Merujuk CCTV, tampak pelaku yang mengenakan kaos merah dan celana hitam sempat berpura-pura menunaikan Salat layaknya jemaah sembari memastikan situasi aman.

Setelah memastikan tidak ada jemaah di lokasi, pelaku seketika membobol gembok kotak amal khusus untuk anak yatim menggunakan perkakas yang sudah disiapkan.

Baca juga: Pura-pura Mau Salat, Pria di Tanjung Priok Bobol Kotak Amal Pakai Gergaji

Pelaku sempat kesulitan membobol gembok kotak amal, tapi setelah beberapa saat dia dapat menggasak hampir seluruh uang lalu melarikan diri sebelum jemaah tiba di Masjid.

"Dia sempat pura-pura Salat sunah di sini. Setelah kotaknya dibongkar ditaruh kamar mandi kotaknya. Kira-kira duit Rp1 juta lah yang diambil, yang disisain Rp83 ribu," ujarnya.

Tangkapan layar rekaman CCTV menyorot aksi pembobolan kotak amal anak yatim di Masjid Jami Ash-Sholihin, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).
Tangkapan layar rekaman CCTV menyorot aksi pembobolan kotak amal anak yatim di Masjid Jami Ash-Sholihin, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022). (ISTIMEWA)

Saat kejadian pintu Masjid Jami Ash-Solihin dalam keadaan tidak dikunci karena untuk memudahkan jemaah yang beribadah, hanya pada malam hari pengurus Masjid mengunci pintu.

Riko menuturkan aksi pembobolan kotak amal di Masjid Jami Ash-Solihin ibu baru pertama kalinya terjadi, namun pihaknya tidak berencana melaporkan kasus ke Polisi.

"Enggak bikin laporan," tuturnya.

Baca juga: Masuk Musala Tak Salat, Pria Ini Fokus ke Kotak Amal dan Sarungnya Berubah jadi Celengan

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved