Breaking News:

Formula E

PSI Minta Heru Budi Ikut Tanggung Jawab Pelaksanaan Formula E Warisan Anies Baswedan

Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta minta Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono ikut bertanggung jawab pelaksanaan Formula E warisan Anies Baswedan.

Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal menaiki mobil balap listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara,Rabu (1/6/2022). Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta minta Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono ikut bertanggung jawab pelaksanaan Formula E warisan Anies Baswedan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci


TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta meminta Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono untuk ikut bertanggung jawab soal penyelenggaraan Formula E.

Hal ini disampaikan anggota Fraksi PSI DPRD DKI Idris Ahmad saat rapat paripurna penyampaian pandangan fraksi terhadap Raperda APBD DKI tahun 2023.

"Masalah yang ingin kami angkat dan terus kami perjuangan dari awal Fraksi PSI adalah meminta kejelasan terkait pertanggungjawaban pelaksanaan Formula E," ucap anggota Fraksi PSI DPRD DKI Idris Ahmad, Rabu (9/11/2022).

Tanggung jawab yang dimaksud PSI ialah soal transparansi anggaran terkait penyelenggaraan balap mobil bertenaga listrik itu.

Ia pun menyinggung soal dana Rp560 miliar yang sudah digelontor dari APBD DKI untuk membayar uang komitmen atau commitment fee Formula E.

Baca juga: Didesak Tanggung Jawab Soal Anggaran, Heru Budi Hartono Beri Lampu Hijau Jakpro Lanjutkan Formula E

Politikus muda ini pun turut memahami bahwa Jakarta E-Prix merupakan program yang dirancang dan dilaksanakan di era Gubernur Anies Baswedan.

Namun, Jakarta masih terikat kontrak menjadi penyelenggara Formula E hingga 2024 mendatang.

Sehingga, jika tetap berlanjut maka balap mobil Formula E akan kembali dilaksanakan di masa kepemimpinan Pj Gubernur Heru Budi.

"Kami paham, ini bukan pada masa tanggungjawab Pj Gubernur, tapi mengingat masih ada dua tahun pelaksanaan yang harus dilakukan oleh Jakarta dan sudah ada uang Rp560 miliar yang dibayarkan sebagai komitmen," ujarnya.

Menurutnya, laporan pertanggungjawaban ini sangat penting untuk menentukan apakah Jakarta akan kembali menggelar Formula E atau justru malah mengakhiri kontra lebih cepat.

"Kami dari Fraksi PSI meminta pertanggungjawaban mengenal pelaksanaan (Formula E), agar dapat kami ambil kebijakan seperti apa kelanjutan kegiatan ini," kata Idris.

Jakpro Sebut Laba Formula E Cuma Rp6 M

Kolase Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Formula E.
Kolase Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Formula E. (Kolase Foto TribunJakarta)

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengklaim berhasil mendapatkan keuntungan Rp6 miliar dari penyelenggaraan Formula E.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved