Ada BLT BBM hingga Dana Desa, Ini Daftar 10 Bansos yang Bakal Cair Desember 2022

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah bantuan sosial atau bansos yang akan disalurkan pada Desember 2022. Berikut daftar bansos yang cair Desember 2022

Editor: Muji Lestari
Tribunnews.com
Ilustrasi. Berikut ini daftar 10 bansos yang siap cair pada Desember 2022 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sebanyak 10 bantuan sosial atau bansos telah disiapkan pemerintah untuk dicairkan pada Desember 2022. Cek daftarnya.

Pada Desember 2022, Pemerintah akan kembali mencairkan sejumlah bansos kepada masyarakat yang membutuhkannya. 

Penyaluran bansos ini diharapkan kehidupan ekonomi masyarakat bisa terbantu, dan menjadi solusi bagi masyarakat miskin untuk bangkit dan memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Lantan, bansos apa saja yang siap disalurkan pemerintah pada Desember 2022?

1. Program Keluarga Harapan atau PKH

PKH adalah bansos yang diberikan kepada keluarga miskin yang terdiri dari ibu hamil/nifas, anak usia dini, pelajar SD-SMA/sederajat, lansia, dan penyandang disabilitas berat.

Besaran yang akan diterima masing-masing kategori adalah mulai Rp 900.000 - Rp 3 juta per tahun.

Baca juga: Selain BLT BBM, Ini 3 Bansos yang Cair pada Desember 2022, di Antaranya Bantuan Lansia Tunggal

Untuk jadi penerima, Anda harus memastikan diri telah terdaftar di DTKS Kemensos. Masyarakat atau fakir miskin bisa mendaftarkan diri ke Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK.

Jika sudah terdaftar di DTKS, Anda bisa ajukan diri sebagai penerima melalui pendaftaran online melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos

2. Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT

BPNT diberikan kepada masyarakat miskin yang terdaftar di DTKS Kemensos berupa saldo sebesar Rp 200 ribu per bulan, yang nantinya bisa digunakan untuk membeli sembako di e-warong terdekat.

Sama seperti PKH, Anda bisa juga ajukan sebagai penerima melalui Aplikasi Cek Bansos dan cek penerima secara online melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/.

3. Program Indonesia Pintar atau PIP

bantuan bagi pelajar SD-SMA yang berasal dari keluarga miskin dan terdaftar di Dapodik. Besaran yang akan diterima berkisar Rp 450 ribu hingga Rp 1 juta per tahun sesuai jenjang pendidikan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved