Apa yang Harus Kamu Lakukan Jika Tergigit Ular? Ini Tipsnya

Ular paling berbahaya mungkin akan kamu temui di Eropa utara, yaitu ular beludak dan ular rumput

Apa yang Harus Kamu Lakukan Jika Tergigit Ular? Ini Tipsnya
phys.org
Ular Berbisa 

TRIBUNJAKARTA.COM - Beberapa orang terkadang sudah merinding hanya dengan mendengar kata 'ular' saja. Ada yang tertarik mendengar cerita tentang ular, ada yang berani menghadapinya, tentu saja responnya beragam.

Mengutip informasi dari phys.org, ular paling berbahaya mungkin akan kamu temui di Eropa utara, yaitu ular beludak dan ular rumput, yang umumnya hanya berbahaya bagi anak-anak dan anjing.

Tapi di belahan dunia lain justru itu adalah kasus yang berbeda, hingga 150.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat gigitan ular, dan sekitar 400.000 menerima amputasi akibat dari gigitan ular.

Dalam sebagian besar kasus, perawatan yang tidak dapat diakses disalahkan, tetapi bisa juga karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara menghadapi ketika digigit ular.

Para penulis di balik buku "Australia's Dangerous Snakes" tentang beberapa ular paling berbahaya di dunia berharap untuk mengatasi hal ini.

"Kami menjelaskan metode pengobatan untuk setiap jenis ular yang diklasifikasikan berbahaya untuk orang. Jadi dokter dapat mencari dan melihat apa yang dapat mereka lakukan dalam kasus-kasus yang mereka hadapi. Dengan cara ini, buku ini harus meningkatkan opsi perawatan," kata co-author dan ahli biologi Arne Redsted Rasmussen dari School of Conservation, Denmark.

Memperlambat penyebaran racun dengan dua perban dan tongkat

Mungkin sudah jelas, tetapi hal yang harus dilakukan jika kamu digigit ular berbisa adalah untuk segera ke rumah sakit dan menerima obat penawarnya.

Banyak orang berpikir bahwa racun bisa langsung masuk, tetapi bisa memakan waktu antara 20 menit dan 72 jam menuju mati jika tidak ditangani.

Dalam satu kasus, butuh waktu hingga satu bulan.

Halaman
123
Penulis: Ananda Bayu Sidarta
Editor: Ananda Bayu Sidarta
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help