Asian Games 2018

Mobil Tanpa Sopir Telkomsel Layani Pengunjung Asian Games, Otomatis Berhenti Saat Orang Melintas

Mobil otonom atau tanpa sopir melayani pengunjung Asian Games 2018 di Zona 2 Gelora Bung Karno (GBK), Senin (27/8/2018).

Mobil Tanpa Sopir Telkomsel Layani Pengunjung Asian Games, Otomatis Berhenti Saat Orang Melintas
Tribunnews.com/Brian Priambudi
Mobil Otonom Telkomsel 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Mobil otonom atau tanpa sopir melayani pengunjung Asian Games 2018 di Zona 2 Gelora Bung Karno (GBK), Senin (27/8/2018).

Memiliki dua wajah di bagian depan dan belakang, mobil otonom pertama di Indonesia bermerek Navya asal Prancis itu melayani pengunjung Asian Games 2018 yang penasaran kepada kendaraan dengan teknologi canggih tersebut.

Denny Abidin, GM External Corporate Communication Telkomsel mengatakan mobil otonom tersebut menggunakan teknologi canggih satu diantaranya adalah jaringan 5G Telkomsel.

"Mobil listrik otonom ini pakai teknologi Lidar, Artificial Intilligence (AI), dan 5G Telkomsel tentunya," ujar Denny Abidin saat diwawancara Tribunnews.

Ketika memasuki kabin dalam mobil, tidak ditemui kursi pengemudi di dalamnya.

Melainkan terdapat 2 kursi pada masing-masing sisi depan dan belakang berkapasitas 4 orang dengan posisi berhadapan antara satu dan lainnya.

Di bagian tengah terdapat 4 alat untuk penumpang yang berdiri, sehingga mobil otonom tersebut mampu menampung 12 penumpang sekaligus.

Ketika dinyalakan, kendaraan otonom akan otomatis berhenti ketika mendeteksi pengunjung yang melintas didepan mobil sehingga tidak terjadi kecelakaan.

Mobil dengan warna merah dihiasi stiker Asian Games 2018 itu mampu menempuh kecepatan mencapai 30 km/jam dengan mode eco selama 4 sampai 5 jam.

Denny menjelaskan kendaraan otonom akan menjadi satu bentuk wujud smart city yang membutuhkan latensi rendah hingga 1 milisecond dengan kecepatan transfer data mencapai 20 Gbps untuk berkomunikasi kepada kendaraan otonom lainnya.

Selain itu, Telkomsel juga berniat untuk memberikan pengalaman kecepatan jaringan 5G yang terkoneksi langsung pada mobil otonom pertama di Indonesia itu.

"5G itu nantinya akan banyak digunakan untuk koneksi mesin ke mesin. Karena latensinya yang rendah itu sehingga tidak ada delay," ujar Denny.

Marak Tukang Parkir Liar di Pasar Tanah Abang, e-Parking Dinilai Jadi Solusi

Tukang Parkir Liar di Pasar Tanah Abang Minta Rp 10 Ribu, Gedor Pintu Mobil Jika Tak Diberi Uang

Cerita Tukang Parkir di Tanah Abang Merasa Dirugikan Pak Ogah yang Sering Memalak

Pengunjung dapat merasakan kecanggihan pengalaman tanpa pengemudi, selama 15 menit yang beroperasi di jalurnya di depan Telkomsel 5G Experience Center, seputaran Gelora Bung Karno.

Mobil otonom itu melayani pengunjung Asian Games 2018 mulai 18 Agustus lalu hingga 2 September 2018 mendatang. (Tribunnews.com/Brian Priambudi)

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved