Lion Air JT610 Jatuh

69 Jam dari 19 Penerbangan Lion Air PK-LPQ Berhasil Diunduh dari FDR Black Box

Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT mengatakan, Flight Data Recorder (FDR) dari kotak hitam pesawat Lion Air PK-LPQ telah berhasil diunduh

69 Jam dari 19 Penerbangan Lion Air PK-LPQ Berhasil Diunduh dari FDR Black Box
TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma
Sejumlah petugas mengangkut roda serta turbin pesawat Lion Air PK-LQP masuk ke dalam truk untuk dibawa oleh tim KNKT, Minggu (4/11/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM- Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo mengatakan, Flight Data Recorder (FDR) dari kotak hitam pesawat Lion Air PK-LPQ telah berhasil diunduh.

Proses unduh data dibantu National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat, Transport Safety Investigation Biro Singapura dan Australian Transport Safety Biro.

"Update dari lab black box KNKT bahwa FDR telah berhasil di-download," ujarnya, saat konferensi pers di kantor KNKT, Jakarta, Minggu (4/11/2018).

Menurut Nurcahyo, FDR tersebut berisi data penerbangan selama 69 jam terakhir, yang terdiri dari 19 penerbangan.

Satu di antaranya data penerbangan terakhir sebelum pesawat jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi memegang black box yang ditemukan di lokasi berjarak 400 meter dari lokasi terakhir hilangnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan kedalaman 30 meter. Black box ditemukan pertama kali oleh penyelam TNI AL, Sertu Hendra, Kamis (1/11/2018).
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi memegang black box yang ditemukan di lokasi berjarak 400 meter dari lokasi terakhir hilangnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan kedalaman 30 meter. Black box ditemukan pertama kali oleh penyelam TNI AL, Sertu Hendra, Kamis (1/11/2018). (TRIBUNNEWS.COM/IRWAN RISMAWAN)

Sebelumya, KNKT lebih dulu membersihkan memori FDR dari kotak hitam pesawat Lion Air PK-LPQ.

Kondisi memori FDR disebut perlu dibersihkan karena basah dan terdapat residu garam.

Pembersihan dan pengeringan dilakukan dengan memasukan ke dalam oven secara hati-hati agar tidak merusak data dalam memori.

Pesawat Lion Air PK-LPQ dengan rute Jakarta-Pangkalpinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/2018).

Pesawat itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten.

Halaman
12
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved