Hari Pahlawan

Perayaan Hari Pahlawan di Rutan Cilodong Depok Berlangsung Meriah

Puluhan warga binaan Kelas II B Cilodong Depok mengenakan kostum pahlawan dalam gelaran The Gathering of Heroes

Perayaan Hari Pahlawan di Rutan Cilodong Depok Berlangsung Meriah
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 
Warga binaan Rutan Kelas II B Cilodong Depok saat rayakan hari Pahlawan, Cilodong, Depok, Sabtu (10/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CILODONG - Puluhan warga binaan Kelas II B Cilodong Depok mengenakan kostum pahlawan dalam gelaran The Gathering of Heroes yang berlangsung serentak di Lapas dan Rutan Indonesia.

Selain mengenakan kostum pahlawan, pembacaan puisi karya sendiri dari perwakilan warga binaan Rutan Kelas II B Cilodong yang menghuni blok A, B, C, dan blok perempuan.

Karutan Kelas II B Cilodong, Bawono Ika Sutomo mengatakan gelaran memperingati hari Pahlawan diharapkan dapat menumbuhkan semangat 1.472 warga binaan.

"Ini momentum yang baik, semangat kepahlawanan juga harus dikumpulkan dari mereka walaupun kondisi mereka saat ini berada di Rutan yang sedang menjalani masa pidana atau proses persidangan," kata Bawono di Cilodong, Depok, Sabtu (10/11/2018).

Bawono mengimbau agar narapidana yang sedang menjalani masa hukumannya dan terdakwa yang menanti vonis hakim tak kehilangan harapan selama berada di Rutan.

Dia yakin masih ada waktu bagi setiap orang untuk memperbaiki diri agar tak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan.

"Jangan patah semangat, masa depan masih panjang. Kami juga tugasnya memberikan motivasi kepada mereka. Supaya memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi dirinya masing-masing," ujarnya.

Cerita Aliudin Pedagang Starling, Sempat Jadi Sopir Pejabat Hingga Digaji Belasan Juta Rupiah

Pantauan TribunJakarta.com, ada warga binaan yang mencoret mukanya seperti tentara kala berperang di hutan, menenteng senjata api dan bambu runcing mainan.

Bersolek seperti Pitung, Ahmad Dahlan, Priyai, hingga masyarakat yang berjuang menenteng bambu runcing dengan baju compang-camping penuh darah.

Meski merayakan hari Pahlawan di balik jeruji besi, kunjungan pihak keluarga yang datang dan membawa makanan untuk disantap bersama memberi harapan untuk terus memperbaiki diri.

Tawa tampak jelas di wajah mereka saat bertemu istri, suami, orangtua, dan anak, soal jumlah pengunjung, Bawono menargetkan sebanyak 500 pengunjung yang datang menjenguk kerabatnya 

"Makanan yang sudah dibawa ke dalam untuk dimakan bersama ini sudah diperiksa beberapa kali oleh petugas. Hari ini memang spesial karena bertepatan dengan hari Pahlawan. Warga binaan enggak cuman bertemu dengan keluarganya tapi bisa makan bareng," tutur Bawono.

Penulis: Bima Putra
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved