Pileg 2019

38 Caleg Eks Koruptor: Perindo Minta Maaf, Hanura Berdalih Patuh Hukum, Ini Daftarnya

"Itu kan begini kita patuh hukum enggak sih? Kalau patuh hukum harus berdasarkan hukum yang di putuskan oleh keputusan hukum sesuai dengan UUD 1945,"

38 Caleg Eks Koruptor: Perindo Minta Maaf, Hanura Berdalih Patuh Hukum, Ini Daftarnya
Ilustrasi
Ilustrasi. 

TRIBUNJAKARTA.COM- Walau sempat dijadikan aturan, status mantan narapidana korupsi tidak lagi menghalangi seseorang mendaftar sebagai calon anggota legislatif.

Puncaknya adalah ketika Mahkamah Agung memutuskan bahwa mantan koruptor bisa menjadi wakil rakyat. Bagaimana reaksi partai politik?

Sebagian ada tetap berpegang pada aturan yang lama yakni menolak mencalonkan bekas koruptor, sebagian lagi justru menerima.

Berikut adalah rangkuman menarik TribunJakarta terkait sikap partai pada mantan terpidana korupsi:

1. Perindo Minta Maaf

Partai Perindo menjadi salah satu partai politik yang mengusung caleg eks koruptor. Hal itu diketahui setelah KPU menetapkan daftar caleg tetap (DCT) 2019.

Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq mengaku ada suatu hal yang menyebabkan partainya 'kecolongan'. Ia pun menyampaikan permohonan maaf karena hal itu.

"Saya secara lebih awal menyampaikan permohonan maaf lebih awal bila masih ada caleg yang terindikasi eks korupsi dan kasus lain, dan DPP tetap keras sekali anti korupsi," ujarnya di Posko Cemara, Kamis (20/8/2018) malam.

Menurut dia, lolosnya caleg eks koruptor terjadi karena proses pendaftaran caleg serentak di pusat, provinsi dan kabupaten.
Akibatnya DPP tidak bisa melakukan pengawasan lebih detail. Baginya hal ini perlu menjadi pelajaran ke depan. Ia yakin DPP akan bisa mengawasi dengan ketat caleg eks koruptor andai pendaftaran caleg dilakukan secara bertahap.

"Karena pengawasannya serentak maka partai tidak bisa mengendalikan apa yang dilakukan oleh partai di bawah," kata dia.

Halaman
1234
Penulis: erik sinaga
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved