Libur Natal, Volume Kendaraan di Tol Jakarta Cikampek Meningkat 56 Persen

Volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta Cikampek mengalami peningkatan sebesar 56 persen saat libur Natal

Libur Natal, Volume Kendaraan di Tol Jakarta Cikampek Meningkat 56 Persen
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Tol Jakarta Cikampek KM16 Kota Bekasi, Minggu (23/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, RAWALUMBU - Volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta Cikampek mengalami peningkatan sebesar 56 persen saat libur Natal.

Asisten Manajer Media Relation Jasa Marga Irwansyah mengatakan, peningkatan volume kendaraan terjadi sejak Jumat, (21/12/2018).

Jasa Marga memprediksi, hari itu merupakan puncak arus mudik kendaraan di momen libur panjang Natal 2018.

"Untuk hari ini cenderung stabil ya, sedangkan hari sabtu (22/12/2018) kemarin, lonjakan volume kendaraan tidak terlalu ramai dibanding Jumatnya," kata Irwansyah, Minggu, (23/12/2018).

Pada Jumat, jumlah volume kendaraan yang melintas di Tol Jakarta Cikampek mencapai 91.825 kendaraan, padahal jika hari normal, volume kendaraan rata-rata 58.987, jumlah itu artinya mengalami peningkatan 56 persen.

Cerita Ifan Seventeen Terapung-apung Hampir 2 Jam di Laut saat Tsunami di Banten: Udah Hampir Nyerah

Siapkan Pantai Gratis untuk Warganya, DKI Bangun Jalasena Sepanjang 7,6 Kilometer

Sedangkan pada Sabtu, jumlah volume kendaraan yang melintas di Tol Jakarta Cikampek mencapai 78.507 kendaraan atau naik 34 persen dari jumlah normal sebesar 58.802 kendaraan.

"Angka itu seluruhnya kita hitung selama tiga shift ya," ungkapnya.

Irwansyah menambahkan, kecenderungan peningkatan volume kendaraan terjadi pada pagi dan malam hari. Pada Jumat misalnya, jumlah kendaraan yang melintas pada shift I sebanyak 31.158 kendaraan dan pada Shift II sebanyak 32.425 kendaraan.

"Kalau Shift II nya hanya 28.242 kendaraan, tapi jumlah itu juga termasuk tinggi dibanding hari normal ya," ucap Irwansyah.

Menurut dia untuk hari ini, volume kendaraan diprediksi mulai menurun sebab, puncak arus mudik libur Natal telah terjadi. Namun, pihaknya mengaku untuk lonjakan kendaraan pada Natal tahun ini lebih tinggi dibanding tahun kemarin.

"Kemungkinan untuk hari ini mulai berkurang ya, tapi memang lonjakan arus mudik Natal tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu," jelas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved