Info Mudik 2019

Bus Tiba Tepat Waktu, Penumpukan Penumpang di Terminal Pulo Gebang Berkurang

Kasatpel Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Emiral August mengatakan mudik tahun ini berjalan mulus karena nyaris tak ada keterlambatan bus.

Bus Tiba Tepat Waktu, Penumpukan Penumpang di Terminal Pulo Gebang Berkurang
TribunJakarta.com/Bima Putra
Tampak depan Terminal Pulo Gebang di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Kasatpel Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Emiral August mengatakan musim mudik tahun ini berjalan lebih mulus karena nyaris tak ada keterlambatan bus.

Ketepatan waktu kedatangan bus dengan penumpang di lantai dua Terminal Pulo Gebang membuat tak ada penumpukan penumpang yang signifikan

"Ada pengaruh lancarnya bus dari Jawa ke sini, jadi enggak ada penumpukan penumpang. Kalau tahun lalu banyak penumpukan penumpang karena terhambat kemacetan," kata Emiral di Terminal Pulo Gebang, Selasa (4/6/2019).

Menurutnya waktu tempuh bus menuju Terminal Pulo Gebang lebih cepat karena pemberlakuan sistem one way dan satu arah sejak 30 Mei lalu.

Padahal tahun lalu, Emiral mengaku Terminal Pulo Gebang kelabakan dengan penumpukan penumpang yang menanti kedatangan bus.

"Ini terasa sekarang, berhasil. Kalau tahun lalu macet. Jadi enggak ada keterlambatan sampai berjam-jam seperti tahun lalu," ujarnya.

Ketepatan waktu kedatangan bus membuat jumlah bus reguler yang tercatat 965 mampu mengangkut penumpang dengan baik.

Perihal puncak arus mudik, Emiral menyebut prediksi H-3 jadi bakal jadi puncak meleset jauh karena justru H-6 yang jadi puncak.

"Waktu H-6 ada 10.597 yang berangkat, setelah H-6 jumlah penumpang turun. Masih lebih banyak dibanding hari biasa, tapi puncaknya sudah lewat," tuturnya.

Meski alur kedatangan bus lancar dan puncak arus mudik sudah lewat, penumpang tak sepenuhnya menikmati saat menanti kedatangan busnya tiba.

Mudik Lebaran, Dua Mobil Warga Terparkir di Kelurahan Kebon Sirih Jakarta Pusat

Rindu Ibu di Kampung Halaman, Suami Bonceng Istri dan Tiga Anaknya Mudik Menggunakan Motor Tua

Minimnya jumlah kursi tunggu di ruang keberangkatan memaksa sejumlah penumpang mengemper di lantai dua Terminal Pulo Gebang.

Kasat Sarpras Terminal Pulo Gebang Wahyu Hidayat mengakui hingga H-2 jelang hari raya Idul Fitri sekarang banyak penumpang yang terpaksa mengemper menanti bus.

"Iya, jumlah kita kursi kita masih belum cukup untuk menghadapi musim mudik. Tapi kalau untuk di luar musim mudik dan lebaran masih cukup," ucap Wahyu.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved