Modus Jemaah Haji Sembunyikan Rokok di Dalam Koper

Jemaah calon haji banyak kedapatan membawa rokok yang disimpan di dalam koper

Modus Jemaah Haji Sembunyikan Rokok di Dalam Koper
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Petugas saat menyita rokok milik jemaah calon haji di Asrama Haji Embarkasi Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Jemaah calon haji banyak kedapatan membawa rokok yang disimpan di dalam koper.

Satu orang jemaah diperbolehkan membawa maksimal dua pack, tapi tidak sedikit jemaah yang tetap mebawa lebih dari yang diperbolehkan sehingga terpaksa disita petugas.

Fahran (23), petugas Bea Cukai Bekasi yang melakukan pemeriksaan koper jemaah calon haji di Asrama Haji Embarkasi Bekasi mengatakan, terdapat beberapa modus yang biasa dilakukan jemaah demi meloloskan rokok.

"Ada yang dibungkus-bungkus handuk, ditutupin pakai alumunium foil, diselipin beras, macem-macem," kata Farhan kepada wartawan, Kamis (11/7/2019).

Namun meski berusaha ditutupi, dia menjamin tidak akan ada yang dapat lolos, sebab semua benda yang mencurigakan pasti akan terlihat melalui mesin pemindai x-ray yang dilakukan petugas.

"Pasti keliatan di x-ray, dari warna, bentuk sama teksturnya pasti keliatan, kita langsung pisahkan kopernya disatukan sama koper lain yang bermasalah," ungkap Farhan.

Setelah koper bermasalah dipisahkan, petugas kemudian memanggil jemaah pemilik koper agar diminta dibuka dan dikeluarkan barang-barang yang dilarang untuk dibawa.

"Pas dibuka reaksinya macem-macem ada yang ngaku coba-coba bawa (rokok) lebih, ada yang alasennya dia biasa ngerokok dua bungkus sehari," jelas dia.

Sebelumnya, Jemaah calon haji asal Kabupaten Bogor bernama Dede Khotib ketahuan membawa enam pack rokok yang disimpan di dalam koper besar miliknya.

Jemaah yang masuk ke dalam kelompok terbang 17 ini terpaksa harus membuka kembali isi koper di ruangan loading koper Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jalan Kemakmuran, Kecamatan Bekasi Selatan.

Pesan Mengharukan Ratna Sarumpaet Untuk Keluarga Usai Divonis Majelis Hakim

Penulis Status Tak Usah Pajang Foto Presiden Ditetapkan Sebagai Tersangka

Sambil dibantu petugas serta didampingi istrinya, Dede mengeluarkan dua kantong plastik berwarna hitam yang ditumpuk dilipatan pakaian. Ketika dibuka, dua kantong plastik itu berisi enam slof rokok.

Saat itu petugas langsung menanyakan ke Dede apakah tidak ada lagi rokok yang tersimpan di dalam koper. Untuk memastika kembali koper tersebut dipindai ulang menggunakan mesin x-ray.

Dede mengatakan, dia sengaja membawa sebanyak enam slof rokok lantaran dalam sehari dia biasa menghabiskan dua bungkus rokok.

"Ya abis gimana pak saya aja sehari dua bungkus, disanakan (Arab Saudi) sekitar 40 hari, ini aja (enam slof) masih kurang," kata Dede kepada petugas Bea Cukai yang memeriksa isi koper miliknya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved