Breaking News:

Idul Adha 2019

Warga Diimbau Gunakan Daun Pisang untuk Alas Daging Kurban Selain Besek Bambu

Penggunaan besek bambu untuk wadah daging yang diserukan Gubernur DKI Anies Baswedan dibarengi dengan penggunaan daun pisang.

TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Besek bambu untuk membungkus daging kurban telah tersedia di minimarket milik PD Pasar Jaya di Pasar Kopro, Jakarta Barat, Rabu (7/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Penggunaan besek bambu sebagai ganti kantong plastik untuk wadah daging yang diserukan Gubernur DKI Anies Baswedan dibarengi dengan penggunaan daun pisang.

Asisten Manager Usaha dan Operasi Pasar Kramat Jati, Purnomo mengatakan daun pisang digunakan sebagai alas daging kurban yang dibagikan panitia.

"Iya, jadi teknis nanti besek itu akan kita lapisin dengan daun pisang. Kita kasih daun pisang, baru daging itu ditaruh di atasnya," kata Purnomo di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (7/8/2019).

Penggunaan daun pisang sebagai alas daging kurban agar sisa darah pada daging tak menetes dan menjaga kebersihan daging.

Tak seperti besek bambu, Purnomo menuturkan PD Pasar Jaya tak menyediakan daun pisang sehingga warga harus membeli secara langsung di pedagang.

"Kalau daun pisang kita beli dari pedagang, jadi enggak disediakan. Tapi kalau beseknya sudah mulai kita jual di Mini DC, sudah bisa dibeli," ujarnya.

Khusus untuk Masjid yang memang berlokasi dalam Pasar Kramat Jati, Purnomo menyebut PD Pasar Jaya menggratiskan 500 buah besek.

Sementara panitia pemotongan hewan kurban dari Masjid di luar Pasar harus membayar Rp 2 ribu untuk besek ukuran 10x10 yang cocok jadi wadah daging ukuran 1 kilogram.

"Kalau yang di Mini DC dijual untuk masyarakat. Kita sudah sosialisasikan ke pengurus DKM dan warga sekitar terkait penggunaan besek," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved