812 Cermin Cembung Akan Dipasang di Jakarta Timur: Ditargetkan Rampung Oktober

Cermin cembung memiliki permukaan cermin yang memantulkan cahaya melengkung ke luar

812 Cermin Cembung Akan Dipasang di Jakarta Timur: Ditargetkan Rampung Oktober
Istimewa/Dok Foto Sudin Perhubungan Jaktim
Pemasangan cermin cembung di sejumlah titik yang ada di wilayah Jakarta Timur 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Sebanyak 812 cermin Lalu Lintas atau cermin cembung akan dipasang di wilayah Jakarta Timur.

Cermin cembung memiliki permukaan cermin yang memantulkan cahaya melengkung ke luar. Sehingga cermin ini sangat cocok diletakan di tikungan tajam dan lokasi yang rawan kecelakan.

Kepala Seksi Lalu Lintas Sudin Perhubungan Jakarta Timur Andreas Eman mengatakan saat ini masyarakat sudah mulai memiliki kesadaran terhadap situasi jalan. Sehingga tahun ini pemasangan cermin cembung di dominasi di titik lokasi baru.

"Sekarang banyak kan jalan pintas yang di buat warga dan banyak juga tikungan tajam yang berbahaya. Di situ kesadaran masyarakat mulai tinggi. Jadi berawal dari usulan mereka yang masuk di Musrembang 2018, makanya pemasangan cermin cembung tahun ini sampai 812," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (21/8/2019).

Adapun pembagiaan 812 pemasangan cermin cembung, yakni 167 unit di Kecamatan Cipayung, 96 unit di Kecamatan Ciracas, 80 unit di Kecamatan Pasar Rebo, 16 unit di Kecamatan Makasar, 59 unit di Kecamatan Kramat Jati, 31 unit di Kecamatan Jatinegara, 46 unit di Kecamatan Matraman, 117 unit di Kecamatan Pulogadung, 155 di Kecamatan Duren Sawit dan 45 unit di Kecamatan Cakung.

Kecamatan Cipayung menjadi angka tertinggi untuk pemasangan cermin cembung, terlebih di kawasan tersebut terdapat banyak tikungan tajam yang membahayakan dan simpangan jala, seperti di Jalan Kramat Aris Kelurahan Setu.

Lanjut, Eman menuturkan miris melihat cermin cembung yang banyak dirusak oleh tangan-tangan jahil dan tidak bertanggung jawab. Sehingga penggunaan cermin tak sesuai lagi dengan fungsinya.

Ini Lokasi Pelayanan SIM Keliling Hari Ini di Jakarta, Rabu 21 Agustus 2019

Tangkap Pelaku Pemalsuan Materai, Polisi Akan Minta Keterangan Ahli dari Peruri dan Petugas Pajak

Granat Nanas yang ditemukan Warga Jagakarsa Berasal dari Peninggalan Perang dan  Diduga Masih Aktif

"Ketika saya berkeliling banyak ditemukan cermin yang sudah dicoret-coret dan tak bisa dihilangkan. Mau enggak mau kita harus mengganti. Sebab cermin tersebut ketika full coretan atau pilox akan sulit dibersihkan seperti yang sudah-sudah," lanjutnya.

Untuk itu, ia mengimbau agar semua elemen dapat saling bersinergi dan bekerjasama. Mulai dari tingkat RT sampai FKDM diharapkan dapat membantu mengawasi kebersihan cermin. Paling tidak dapat membantu menjaga kondisi cermin dari tangan tak bertanggung jawab.

Rencananya pemasangan cermin cembung akan dijadwal selesai pada Oktober mendatang.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved