Sudin Gulkarmat Jakut Sosialisasikan 10 Kriteria Mencegah Kebakaran

Sosialisai pencegahan kebakaran digencarkan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara.

Sudin Gulkarmat Jakut Sosialisasikan 10 Kriteria Mencegah Kebakaran
TribunJakarta.com/Afriyani Garnis
Sosialisai pencegahan kebakaran digencarkan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Sosialisai pencegahan kebakaran digencarkan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara.

Bersama kader Dasa Wisma, petugas mensosialisasikan 10 kriteria dalam mencegah bahaya kebakaran di wilayah Jalarta Utara.

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara, Satriadi Gunawan mengatakan, 10 kriteria tersebut diyakini dapat mencegah terjadinya penyebab kebakaran.

Keseluruhannya pun dapat meminimalisir kebakaran, khususnya yang juga kerap terjadi Jakarta Utara.

"Jadi kriteria ini diusahakan dapat dipahami warga. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kebakaran," kata Satriadi saat dikonfirmasi, Jumat (23/8/2019).

Ia pun menjelaskan 10 kriteria tersebut, diantaranya berasal sumber kebakaran dari gas dan instalasi listrik.

Untuk sumber gas, simpan tabung gas di dekat sirkulasi udara yang baik, pastikan klem terkunci erat di kedua ujung selang gas, regulator tidak bocor dan bau, selang tidak tertindih atau tertekuk, dan tidak menggunakan kompor minyak dan gas bersamaan.

Sementara yang bersumber dari instalasi listrik, di antaranya tidak menumpuk dan pastikan stecker tidak hangus, stop kontak tidak longgar, tidak ada kabel rusak karena panas atau digigit tikus.

Hal yang paling penting menurutnya adalah, tersedianya Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang berfungsi dengan baik. .

"10 kriteria ini akan dicek ke setiap rumah warga oleh kader Dasa Wisma, yang didampingi petugas damkar dan lurah. Apabila rumah tersebut tidak memenuhi lebih dari tiga kriteria, maka akan ditempel stiker rumah waspada kebakaran," jelasnya.

Bolak-balik Jakarta-Bandung, Luna Maya Dimanjakan Produser Dapat Fasilitas Khusus Helikopter

Panitia Seleksi Umumkan 20 Nama Capim KPK, Empat Orang Diantaranya Anggota Polri

Satriadi menyebutkan, kesadaran terhadap bahaya kebakaran ini perlu terus digencarkan pihaknya kepada seluruh warga.

Hal ini dilakukan karena kerugian yang tidak sedikit bila terjadi kebakaran, bukan hanya harta saja, akan tetapi juga bisa menelan korban jiwa.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved