Bakal Dibangun Taman, Trotoar di Tengah Jalan Kalimalang Dipastikan Tak Dibongkar

Eman menuturkan sejak awal pembangunan Tol Becakayu lajur paling kiri memang diperuntukkan sebagai tamat mini di Jalan Kalimalang.

Bakal Dibangun Taman, Trotoar di Tengah Jalan Kalimalang Dipastikan Tak Dibongkar
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Trotoar di tengah Jalan Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (15/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT- Hasil pertemuan antara pengelola Tol Becakayu, Pemprov DKI Jakarta, dan Pemkot Jakarta Timur memastikan trotoar di tengah Jalan Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit tak dibongkar.

Kasie Lalu Lintas Sudinhub Jakarta Timur, Andreas Eman mengatakan dalam pertemuan yang digelar pada Rabu (18/9/2019) disepakati bahwa lajur paling kiri bukanlah jalan.

Letak trotoar dianggap tak lazim dan lebih diyakini sebagai median jalan karena masyarakat menganggap lajur paling kiri merupakan jalan umum.

"Dari pihak Tol Becakayu akan melaksanakan penataan trotoar dan taman di Kalimalang. Tengahnya kan trotoar, belakangnya jalan, ya jalan itu," kata Eman di Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (18/9/2019).

Dalam detail enginering design (DED) atau cetak biru pembangunan milik PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku pengelola Tol Becakayu.

Eman menuturkan sejak awal pembangunan Tol Becakayu lajur paling kiri memang diperuntukkan sebagai taman mini di Jalan Kalimalang.

"Karena eksistingnya memang bukan untuk jalan. Hanya karena dia ada ruang kosong, jadi seperti jalan. Rencana awal memang akan dibangun taman. Belakangnya trotoar akan jadi taman," ujarnya.

Pelayanan SIM keliling Tangerang untuk Hari Kamis Berada di 4 Tempat, Simak Lokasinya

Hasil Liga Champions: Juventus Vs Atletico 2-2, Cristiano Ronaldo Tidak Berkontribusi Banyak

Hasil Liga Champions: PSG Benamkan Real Madrid 3-0, 2 Gol Dianulir

Perihal pelaksanaan kegiatan, Eman menyebut PT KKDM bakal berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga selaku instansi yang berwenang membangun trotoar.

Untuk sekarang, dia hanya bisa memastikan trotoar tersebut tak dibongkar dan tak ada pelebaran jalan dalam pembangunan taman di lajur kiri.

"Ruas jalannya difungsikan sesuai fungsi awal saja, selebar 8,5 meter. Jadi belakangnya itu buat taman. Trotoarnya malahan mungkin akan diperbaiki, tidak dibongkar," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved