Pemkot Jakarta Timur Berencana Tata Trotoar di Jatinegara untuk PKL

Pemkot Jakarta Timur berencana menata sejumlah titik trotoar di Kecamatan Jatinegara guna memfasilitasi PKL berdagang di trotoar.

Pemkot Jakarta Timur Berencana Tata Trotoar di Jatinegara untuk PKL
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Pedagang ikan hias yang berjualan di trotoar Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (2/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Pemkot Jakarta Timur berencana menata sejumlah titik trotoar di Kecamatan Jatinegara guna memfasilitasi pedagang kaki lima (PKL) berdagang di trotoar.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto mengatakan di antara 10 Kecamatan yang ada, trotoar di Jatinegara paling potensial jadi tempat dagang PKL.

Hal ini disampaikan Uus saat dikonfirmasi rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memfungsikan sejumlah trotoar jadi tempat berdagang PKL.

"Yang jelas saat ini di sekitar Jatinegara potensial untuk kita bantu fasilitasasi sehingga warga masyarakat yang membutuhkan masyarakat PKL bisa terpenuhi," kata Uus di Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (8/10/2019).

Pertimbangan Jatinegara dipilih tak lepas dari jumlah PKL di Jatinegara sebagai Kecamatan dengan sebaran rumah tangga miskin terbanyak.

Soal jenis PKL yang diperbolehkan berdagang, Uus menuturkan Pemkot Jakarta Timur bakal memilah pedagang sesuai jenis dagangan.

"Tapi disesuaikan juga, kalau yang sekarang diarahkan untuk tidak berjualan di situ kan seperti pedagang burung, dan lain," ujarnya.

Namun dia mengaku Pemkot Jakarta Timur butuh kajian lebih lanjut sebelum menata trotoar di Jatinegara jadi tempat berdagang PKL.

Pasalnya penataan trotoar di wilayah Jatinegara masih berlangsung dan belum semua trotoar di Jakarta Timur memiliki lebar delapan meter.

"Kalau di Jakarta Timur saat ini lebar sekitar tiga sampai empat meter masih ada. Cuman sementara baru beberapa titik yang sudah mulai dikerjakan dari mulai Jatinegara, belum semua," tuturnya.

Pembangunan Tiga Septic Tank di Tanjung Duren Dilakukan Mulai Besok Pagi

Importir Resmi Ponsel Sebut Tren Black Market di Indonesia Sudah Turun

Perihal trotoar wilayah lain yang menurutnya layak difungsikan jadi tempat berdagang PKL sesuai rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Uus menuturkan Pemkot Jakarta Timur masih memetakan trotoar mana yang ideal sehingga belum dapat memastikan.

"Saya cek dulu, kita belum dapat data yang pasti. Untuk di Jakarta Timur mungkin nanti coba saya cek lagi dengan bagian perekonomian," lanjut Uus.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved