Breaking News:

Selama 2 Bulan, Warga Bambu Apus Beli Galon dan Hemat Air untuk Minum

Jaka (50), warga RT 02/RW 03 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung yang paling lama merasakan kesulitan air bersih imbas kemarau.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Warga RT 02 Kelurahan Bambu Apus saat menerima bantuan air bersih dari pemerintah di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Jaka (50) warga RT 02/RW 03 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung yang paling lama merasakan kesulitan air bersih imbas kemarau.

Bila kebanyakan warga RT 02 baru satu pekan terakhir membeli galon isi ulang, keluarga Jaka sudah dua bulan membeli galon isi ulang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Warga Kelurahan Bambu Apus saat menunggu bantuan kiriman air dari pemerintah di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2019).
Warga Kelurahan Bambu Apus saat menunggu bantuan kiriman air dari pemerintah di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Sudah dua bulan air di kontrakan saya enggak keluar. Kalaupun mengalir paling cuman hitungan detik, itu pun airnya kecil. Ibaratnya keisi satu gayung terus mati," kata Jaka di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2019).

Ketiadaan pasokan air membuat Jaka harus membeli setidaknya dua galon air untuk kebutuhan keluarganya selama satu pekan.

Pembelian dua galon untuk satu pekan diakui Jaka tak cukup memenuhi kebutuhan tiga anak dan istrinya, pun hanya untuk minum.

"Untuk minum saja sebenarnya kurang, harus ditahan-tahan kalau untuk minum. Kalau enggak haus banget ya ditahan. Satu galon itu bisa cukup untuk tiga hari, tapi untuk minum saja," ujarnya.

Untuk mandi, Jaka yang berprofesi sebagai PPSU Kelurahan Bambu Apus mengaku sudah dua bulan menumpang mandi di kantor Kelurahan.

Dia enggan melapor kesulitan air bersih yang dialami ke Lurah Bambu Apus Dodo Supendi karena malu dan belum semua warga RT 02 terdampak.

"Tempat saya mengontrak dataran rendah, jadi sebelum warga lain kekeringan kontrakan saya lebih dulu kering. Kebanyakan warga baru susah dapat air satu minggu terakhir ini," tuturnya.

Warga RT 02 Kelurahan Bambu Apus saat menerima bantuan air bersih dari pemerintah di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2019).
Warga RT 02 Kelurahan Bambu Apus saat menerima bantuan air bersih dari pemerintah di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (23/10/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)
Halaman
1234
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved