Gejala Dini Kanker Serviks yang Perlu Anda Tahu

Contohnya, setia pada satu pasangan seksual dan memerhatikan kebersihan kelamin sebelum maupun sesudah melakukan hubungan seksual.

Gejala Dini Kanker Serviks yang Perlu Anda Tahu
ISTIMEWA
Ilustrasi kanker serviks 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengalami perdarahan setelah melakukan hubungan seksual?

Waspada, bisa jadi itu gejala dini kanker serviks!

Salah satu penyebab utama kematian pada wanita di dunia adalah kanker serviks. Guna memperbaiki kondisi itu, mendeteksi gejala dini kanker serviks adalah langkah awal yang perlu dilakukan sejak saat ini.

Pasalnya, penyakit yang juga dikenal dengan sebutan kanker leher rahim ini sering hadir tanpa disadari sehingga penderita berobat ke dokter dengan kondisi yang terlanjur mengalami komplikasi.

Waspada! Wanita Mengalami Keputihan Secara Terus Menerus, Bisa Jadi Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan keganasan yang terjadi pada serviks atau leher rahim. Serviks itu sendiri adalah bagian sempit yang terletak di bawah rahim, yang menghubungkan vagina dengan rahim.

Bagian ini memiliki jenis sel berbeda yang berada di zona transformasi sehingga membuatnya rentan mengalami perubahan dan berakhir menjadi kanker.

Sebagian kasus kanker serviks disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Virus ini ditularkan melalui hubungan seksual berisiko. Dengan kata lain, setiap wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual memiliki risiko untuk mengalami kanker serviks.

Mengenal gejala dini kanker serviks

Pada tahap awal kanker serviks, seorang wanita biasanya tidak mengalami gejala atau keluhan yang berarti. Ini karena gejala kanker serviks sangat bergantung pada tingkat keparahan penyakit tersebut.

Kendati begitu, ada beberapa kondisi yang sering berkaitan dengan gejala dini kanker serviks. Gejala tersebut adalah sebagai berikut:

Halaman
123
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved