Habib Mahdi Alatas Dilaporkan Dugaan Kasus Penggelapan Dana Umrah Rp 1,3 Miliar

Haidar mengatakan pihaknya dirugikan Rp 1,3 miliar karena menanggung ongkos keberangkatan 18 orang

Habib Mahdi Alatas Dilaporkan Dugaan Kasus Penggelapan Dana Umrah Rp 1,3 Miliar
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Ahmad Haidar saat menunjukkan surat laporan dalam kasus Muhammad Mahdi Alatas di Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (1/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Habib Muhammad Mahdi Alatas dilaporkan ke Polda Metro Jaya dalam dugaan kasus penipuan, penggelapan, dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) oleh pengusaha Travel Umrah Bastour.

Laporan yang dibuat Ahmad Haidar pada Senin (7/1/2019) diterima dan tercatat di SPKT Polda Metro Jaya dengan nomor TBL/91/I/2019 /PMJ/Dit.Reskrimsus.

Haidar mengaku dirugikan Rp 1,3 miliar karena menanggung ongkos keberangkatan 18 orang berangkat Umrah yang belum dilunasi Mahdi.

"12 orang sudah terbayarkan, sisa 6 orang lagi belum terbayarkan. Tapi yang kami berangkatkan tetap 18 orang," kata Haidar saat ditemui di Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (1/11/2019).

Menurutnya di penghujung waktu keberangkatan Umrah Mahdi berjanji melunasi sisa pembayaran dan menyerahkan cek senilai Rp 1,4 miliar.

Namun cek tak bisa dicairkan sehingga Haidar meminta jaminan lain kepada Mahdi dan diberikan dua sertifikat tanah dengan nilai setara.

"Dia (Mahdi) tuker pakai dua sertifikat rumah di daerah Condet dan sebuah Ruko di PGC. Tapi dia enggak ngasih surat kuasa jual. Makanya itu bangunan tidak bisa dikuasai sepenuhnya oleh kami," ujarnya.

Sebelum melapor, Haidar sempat membicarakan masalah pembayaran sampai akhirnya Mahdi menyerahkan cek pembayaran lain.

Namun cek kembali gagal dicairkan sehingga Haidar yakin melaporkan Mahdi yang dikenal publik sering tampil di satu program televisi.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved