Taman Pasar Sipon Tangerang Bakal Disulap Cantik, Rencana Dipenuhi Pohon Trembesi

Kawasan Taman Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang akan disulap untuk dipercantik oleh Pemerintahan Kota Tangerang.

Taman Pasar Sipon Tangerang Bakal Disulap Cantik, Rencana Dipenuhi Pohon Trembesi
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Disbudpar Kota Tangerang yang mengecek lapangan Kawasan Taman Pasar Sipon, Kota Tangerang, Rabu (6/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPONDOH - Kawasan Taman Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang akan disulap untuk dipercantik oleh Pemerintahan Kota Tangerang.

Seperti diketahui, kawasan taman tersebut sering kali digunakan oleh pedagang kaki lima untuk menjajakan barang dagangannya.

Nantinya, kawasan tersebut akan dipasang pagar besi mengelilingi taman sepanjang 150 meter itu.

Disbudpar Kota Tangerang yang mengecek lapangan Kawasan Taman Pasar Sipon, Kota Tangerang, Rabu (6/11/2019).
Disbudpar Kota Tangerang yang mengecek lapangan Kawasan Taman Pasar Sipon, Kota Tangerang, Rabu (6/11/2019). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

Taman tersebut juga rencananya akan dihiasi dengan berbagai macam tanaman hias dan bunga.

"Kita mencoba mengembalikan fungsi taman untuk penghijauan bukan sebagai tempat berjualan," kata Hendri Saputra selaku Kepala Bidang Pertamanan dan Dekorasi Kota pada Disbudpar Kota Tangerang, Rabu (6/11/2019).

Selain itu, rencananya disepanjang jalan Sipon yang seringkali digunakan untuk berjualan juga akan ditanami ratusan pohon Trembesi atau sering disebut pohon hujan.

"Selain dapat mengurangi pulutan, pohon peneduh yang di tanam di tepi jalan ini juga berfungsi Saat cuaca panas akan terasa sejuk dan segar," tuturnya.

Ia menegaskan, jenis pohon yang nantinya ditanam di sekitar Kali Sipon telah ditanam dibeberapa kawasan industri yang tersebar di 13 kecamatan Kota Tangerang.

"Untuk wilayah industri seperti di Kecamatan Batu Ceper kami telah menanam sekitar 75 pohon dan untuk di kecamatan jatiuwung kami telah menanam 225 tanaman," sambung Hendri.

Persija Jakarta Tidak Lakukan Persiapan Khusus Jelang Hadapi Semen Padang

Begini Jawaban Wali Kota Bekasi Soal Gandeng Ormas Kelola Parkir Minimarket

Dipilihnya pohon trembesi di kawasan industri dan dalam waktu dekat ditanam di sepanjang Kali Sipon lantaran jenis pohon tersebut yang memiliki daya serap sangat tinggi.

Karena itu pula, penanaman jenis ini dalam jumlah banyak merupakan terobosan yang sangat baik untuk mengatasi pemanasan global, perubahan iklim, dan iklim ekstrim.

"Trembesi pun tak banyak menimbulkan kesan kotor di jalan lantaran daunnya berukuran kecil," tandas Hendri.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved