Melalui Pengajian, Agen Travel Umrah Lakukan Penipuan Hingga Raup Miliaran Rupiah

Sebuah agen travel umrah bodong yang dikelola oleh satu penipu berisial A menjaring korban-korbannya melalui pengajian yang biasa dilakukan di Bontang

Melalui Pengajian, Agen Travel Umrah Lakukan Penipuan Hingga Raup Miliaran Rupiah
Google
Ilustrasi travel umroh 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Sebuah agen travel umrah bodong yang dikelola oleh satu penipu berisial A menjaring korban-korbannya melalui pengajian yang biasa dilakukan di Bontang, Provinsi Kalimantan Timur.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, AKBP Arie Ardian menerangkan kalau A ini melancarkan aksinya dengan menghasut para calon korbannya dari pengajian yang rajin ia ikuti.

Menurut pengakuan tersangka, A mengiming-imingi korbannya tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam sudah bisa terbang ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah.

"Lama mencari calon jemaah umrah sekitar enam bulan di pengajian," kata Arie di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (12/11/2019).

Tak Hanya Peserta CPNS 2019, Limbad Juga Berburu Jimat di Jakarta Gams Center Jatinegara Jaktim

Bahwa bisa memberangkatkan ibadah umrah padahal yang bersangkutan tidak memiliki izin,"

Ia menceritakan bahwa sebenarnya A ini bekerja di sebuah agen travel umrah yang dan memiliki legalitas dari Kementerian Agama RI untuk memberangkatkan jemaah calon umrah dan haji.

Namun, A tergiur untuk menghasilkan uang lebih banyak dengan menipu daya korbannya menciptakan agen travel umrah abal-abal.

"Dia ini bekerja si travel umrah resmi dan berlisensi, jadi dia mengerti proseduralnya bagaimana. Tapi dia mau mencari uang sendiri dengan menipu seperti ini," ucap Arie.

Diketahui sebelumnya di kawasan Rawabokor, Kecamatan Benda, 45 jemaah calon umrah luntang lantung tanpa arah tidak jadi berangkat ke tanah suci.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved