Ahok Masuk BUMN

Dengar Kabar Gaji Ahok Capai Rp 3 Miliar, Iwan Fals Beri Komentar 'Sadis'

Musisi Iwan Fals kembali menyoroti sosok Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kini jadi petinggi di BUMN.

Dengar Kabar Gaji Ahok Capai Rp 3 Miliar, Iwan Fals Beri Komentar 'Sadis'
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Iwan fals memasukan surat suara yang telah dicoblosnya di TPS 06, Leuwinanggung, Kota Depok, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Musisi Iwan Fals mengomentari kabar soal gaji Ahok yang disebut mencapai Rp 3 miliar perbulan.

Dilansir TribunJakarta.com dari TribunTimur berdasar laporan kinerja keuangan Pertamina pada 2018, disebutkan jika kompensasi untuk manajemen yang berupa gaji dan imbalannya untuk 17 direksi dan komisaris mencapai 47,23 juta dollar AS atau setara Rp 671 miliar per tahun.

Jika Rp 671 miliar dibagi kepada 17 orang direksi dan komisaris, maka tiap orang menerima Rp 39 miliar setahun atau Rp 3,25 miliar per bulan.

Gaji direksi Pertamina mengalahkan gaji dan tunjangan Presiden Jokowi senilau Rp 62,74 juta per bulan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi Negara dan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001.

Bandingkan pula dengan gaji pokok dan tunjangan Gubernur DKI Jakarta, jabatan yang pernah diduduki Ahok, senilai Rp Rp 8,4 juta per bulan.

Namun, tak hanya itu, setiap bulan Gubernur DKI Jakarta mendapatkan Biaya Penunjang Operasional (BPO) sebesar 0,13 persen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) berdasarkan PP Nomor 109 Tahun 2000.

Setiap bulan, BPO Gubernur DKI Jakarta mencapai miliaran rupiah.

Dalam laman Twitter-nya yang sudah terverifikasi, mulanya Iwan Fals menyoroti ucapan Ahok pasca ditetapkan menjadi bos Pertamina.

"Tuhan aja ada yg nentang kok ( apalagi gue ), begitu kira2 jawaban Ahok ketika ditanya wartawan soal dipilihnya dia sebagai Komisaris Utama Pertamina...eng ing eeeeng," pungkas Iwan Fals dilansir TribunnewsBogor.com, Sabtu (23/11/2019).

Tak hanya menyoroti soal ucapan Ahok, Iwan Fals juga mengulas soal gaji Ahok di Pertamina.

Halaman
123
Penulis: Rr Dewi Kartika H
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved