Reuni 212

Pengamat Sebut Rizieq Shihab Bisa Gugat Pemerintah Arab Saudi Dengan Catatan Ini

Ray Rangkuti mengatakan Habib Rizieq Shihab bisa menggugat pemerintah Arab Saudi. Alasannya tak ada hak bagi negera manapun untuk menahan seseorang

Pengamat Sebut Rizieq Shihab Bisa Gugat Pemerintah Arab Saudi Dengan Catatan Ini
TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Peserta Reuni Mujahid 212 mengibarkan bendera bergambar Rizieq Shihab di Monas Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNJAKARTA.COM- Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shibab (HRS) mengaku masih dicekal Arab Saudi dengan alasan keamanan atas permintaan Indonesia.

Pernyataan itu dilontarkan Habib Rizieq Shihab melalui siaran video yang ditayangkan di panggung reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Menanggapi hal itu, pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan Habib Rizieq Shihab bisa menggugat pemerintah Arab Saudi.

Alasannya tak ada hak bagi negera manapun untuk menahan seseorang yang bukan warganya untuk keluar dari negara tersebut.

"Sulit dimaklumi ada negara yang mencekal warga asing keluar dari negaranya bukan karena yang bersangkutan memiliki kasus hukum. Tak ada hak bagi negara manapun menahan seseorang yang bukan warganya ke luar dari negara tersebut selama tidak ada masalah hukum. HRS bisa menggugat pemerintah Arab Saudi jika hal itu dilakukan," ujar Ray Rangkuti saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (2/12/2019).

Ray Rangkuti mengatakan gugatan tersebut dapat diajukan melalui pengadilan dalam negeri Arab Saudi maupun melalui pengadilan di dunia internasional.

Karena itu, ia turut mendesak pemerintah Indonesia untuk segera melindungi HRS atas pencekalan pemerintah Arab Saudi terhadap dirinya.

Menurutnya, pemerintah Indonesia juga bisa digugat apabila terbukti benar melakukan tindakan itu.

"Saya kira para pengacara HRS dapat melakukan upaya hukum ini dan paham betul hal ini dapat digugat ke pengadilan. Langkah hukum ini jauh lebih baik dari pada saling menduga," kata dia.

Anak Barbie Kumalasari Ungkap Hal yang Dibenci dari Sang Ibu, Uya Kuya Spontan Terbahak Tanyakan Ini

Halaman
12
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved