4 Ribu Moge di Jakarta Belum Bayar Pajak, Total Tunggakan Capai Rp 13 Miliar

Adapun total tunggakan yang dilakukan para pemilik moge bervariasi, mulai hitungan bulan hingga ada pula yang menunggak sampai bertahun-tahun.

TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Deretan moge di Mal Senayan City yang dicek pajaknya oleh BPRD DKI Jakarta dan Samsat Jakarta Selatan, Minggu (22/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Sebanyak 4 ribu motor gede (moge) di DKI Jakarta tercatat belum bayar pajak.

Kepala Samsat Jakarta Selatan, Khairil Anwar, mengatakan total potensi pajak dari angka tersebut diprediksi mencapai Rp 13 miliar.

"Untuk moge yang ada di Jakarta seluruhnya berjumlah 10 ribu moge, dimana 4 ribu diantaranya belum daftar ulang dengan potensi penerimaan pajak Rp 13 miliar," kata Khairil saat menggelar razia pajak motor moge di Mal Senayan City, Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Khairil menjelaskan, sepeda motor yang dikategorikan moge adalah yang kapasitas mesinnya di atas 500 cc.

Adapun total tunggakan yang dilakukan para pemilik moge bervariasi, mulai hitungan bulan hingga ada pula yang menunggak sampai bertahun-tahun.

"Macam-macam (lama waktu menunggak). Ada yang setahun, dua, tiga, empat tahun," kata Khairil.

Khairil membeberkan bahwa sepeda motor memang menjadi mayoritas kendaraan yang belum bayar pajak di Jakarta.

Dikatakannya, dari total 5,1 juta kendaraan bermotor di DKI Jakarta yang belum bayar pajak hingga akhir Tahun 2019 dengan total potensi pajak Rp 2,1 triliun, 70 % diantaranya adalah sepeda motor.

Karena itu, di akhir masa bulan keringanan pajak,  pihaknya juga lakukan razia door to door kepada para pemilik sepeda motor, utamanya pemilik moge.

"Sebelumnya, kami dahulukan roda empat karena roda empat memang pajaknya lebih besar, terutama kendaraan mewah dulu kita sisir. Begitu kendaraan mewah sudah, alhamdulilah banyak yang sudah bayar, kemudian kita sisir sampai ke motor sekarang, jadi ada prioritas," kata Khairil.

Rute yang Dilalui Acara Jayakarta Loe Gue Run 2020

Ibu di Boyolali Jadi Korban Penyiraman Air Keras, Keluarga Akui Trauma hingga Anak Tak Mau Sekolah

BPRD DKI Razia Pajak Moge di Mal Senayan City

Khairil menambahkan, berbeda dengan pemilik mobil mewah yang banyak gunakan identitas orang lain untuk hindari pajak progresif, untuk pemilik sepeda motor belum ditemukan adanya kasus penyalahgunaan identitas orang lain.

"Kalau motor saya belum temukan. Tapi kalau mobil seperti yang anda lihat di media-media ada banyak," kata Khairil.

Hari ini, BPRD DKI Jakarta dan Samsat Jakarta Selatan memang lakukan razia pajak kepada para pemilik moge yang sedang berkumpul di Jakarta, mulai dari Mal Senayan City hingga ke sejumlah cafe di kawasan Kebayoran Baru yang dijadikan lokasi berkumpul para komunitas moge.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved